Connect with us

Ekonomi

Pentingnya Kemitraan Dongkrak Daya Saing Sawit

Published

on

Ilustrasi Petani Sawit © Net

SERIKATNEWS.COM – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengatakan, untuk menjaga rantai pasok industri sawit agar berdaya saing, maka diperlukan kemitraan antara petani dengan perusahaan.

Ketua Umum Gapki Joko Supriyono mengatakan bahwa kesolidan petani dan perusahaanlah yang akan menentukan seberapa kuat industri sawit dan berdaya saing.

“Kemitraan menjadi keniscayaan. Hal ini disebabkan adanya tuntutan industri sawit harus semakin kompetitif di pasar global. Di antara komoditas lain, kemitraan petani dengan perusahaan sawit menjadi contoh paling ideal,” ujar Joko Supriyono di Jakarta, Senin (31/8/2020).

Joko Supriyono mengatakan, kalau ada hambatan dalam rantai pasok, maka industri akan terdampak. Menurutnya, pada industri sawit pengelolaan kebun dilakukan oleh petani dan perusahaan sehingga kemitraan inilah yang menjadikan industri sawit mampu bertahan dan berkembang.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung, mengatakan bahwa kemitraan perusahaan dan petani perlu dilanjutkan. Hal tersebut penting dilakukan guna memperkuat daya saing dan kontribusi sawit bagi perekonomian nasional.

“Untuk itu, diperlukan kemitraan yang sinergis melalui penguatan kelembagaan di tingkat petani, membangun prinsip keterbukaan, dan menata pola manajemen kemitraan,” katanya.

“Kemitraan sangat dibutuhkan petani sawit. Karena tujuannya memberikan kepastian, nilai tambah bagi yang bermitra, pertumbuhan ekonomi, pemerataan serta pemberdayaan masyarakat serta usaha kecil,” tambahnya.

Gulat Manurung menambahkan, kelembagaan petani perlu diperkuat dan ditingkatkan peranannya. Sebab menurutnya, melalui kelembagaan yang baik akan lebih mudah membangun kemitraan sinergis antara perusahaan dan petani.

“Model kemitraan dapat diperluas lagi untuk masa kini. Jangan lagi, polanya sebatas kerja sama untuk suplai buah sawit ke pabrik,” katanya.

Kasubdit Pemasaran Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Normansyah Syahrudin menjelaskan bahwa pemerintah telah mengatur pola kemitraan perusahan dan petani melalui Permentan Nomor 01 tahun 2018 mengenai Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun.

Baca Juga:  Kemampuan Masyarakat Papua Harus Selalu Dikembangkan

Aturan ini telah mengatur definisi pekebun dan kemitraan dalam peraturan sehingga lebih bisa dipahami semua pihak serta aspek kemitraan dalam pembelian harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit.

“Intinya, aturan Permentan nomor 01 ini difokuskan kepada pembelian harga TBS sesuai ketetapan tim provinsi tiap bulan. Maka kelembagaan petani harus bermitra dengan pabrik sawit,” jelasnya.

Sementara Plt Direktur Kemitraan BPDP-KS M. Ferrian mengatakan, pihaknya mendorong petani agar mampu membangun pabrik sawit, tetapi telah dilakukan studi kelayakan.

“BPDPKS dapat memberikan dukungan pendanan kepada petani sesuai arahan regulasi. Pelatihan bisa disediakan begitu pula pendanaan sarana prasarana sesuai aturan dari Kementan,” pungkasnya. (Antara)

Advertisement

Terkini

News8 jam ago

Mendag: Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga

SERIKATNEWS.COM – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menegaskan bahwa Pemerintah terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga terjangkau. Terkait...

News13 jam ago

KOPRI PB PMII Berikan Bunga sebagai Tanda Apresisasi untuk DPR RI

SERIKATNEWS.COM – KOPRI PB PMII Memberikan apresiasi kepada DRP RI di Gedung Nusantara II Jakarta dengan menebar bunga sebagai bentuk...

News20 jam ago

Percepat Pembangunan Desa, Gus Halim Minta Mahasiswa dan Pendamping Desa Kolaborasi

SERIKATNEWS.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar meminta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik menjadi media...

News21 jam ago

Metaverse Menurut Bill Gates

SERIKATNEWS.COM – Kehadiran Metaverse diprediksi akan mengubah banyak kebiasaan masyarakat. Menurut Co-founder Microsoft, Bill Gates, ke depannya kebiasaan di dunia...

News21 jam ago

Kemendag: Era Baru Perdagangan Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka Dimulai

SERIKATNEWS.COM – Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memulai era baru dalam perdagangan fisik emas digital di bursa berjangka. Kini...

Olahraga1 hari ago

Thomas Tuchel, Pelatih Terbaik FIFA 2021

SERIKATNEWS.COM – Pelatih Chelsea Thomas Tuchel dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik FIFA 2021. Penghargaan itu diberikan kepadanya setelah memimpin Chelsea memenangi...

News1 hari ago

Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Tambah 10 SPKLU di Indonesia Timur

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) melakukan peresmian serentak 10 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara...

Populer

%d blogger menyukai ini: