Connect with us

Berita Presiden

Presiden Jokowi: Lumbung Pangan Baru untuk Antisipasi Krisis Pangan

Published

on

© Humas Kemensetneg

SERIKATNEWS.COM — Presiden Joko Widodo meninjau lokasi pengembangan food estate atau lumbung pangan nasional dalam kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah pada Kamis, 9 Juli 2020.

Presiden berharap pengembangan lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa yang sedang dalam proses pengerjaan, bisa menjadi sumber cadangan logistik nasional untuk mencegah minimnya pasokan pangan dalam negeri.

Selain itu, cadangan logistik tersebut juga digunakan untuk mengantisipasi krisis pangan sebagaimana yang diperingatkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

“Saya kira kita tahu semuanya, FAO sudah mengeluarkan peringatan bahwa krisis pangan akan melanda dunia karena pandemi juga karena memang adanya musim yang tidak bisa diatur dan diprediksi. Oleh sebab itu, kita menyiapkan sekarang ini yang namanya cadangan logistik nasional,” kata Presiden Jokowi.

Lokasi yang pertama ditinjau Presiden untuk menjadi daerah yang diharapkan menjadi lumbung pangan baru terletak di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.

Setelah itu, Presiden juga meninjau lokasi pengembangan pangan yang ada di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau. Di kabupaten tersebut, terdapat kurang lebih 10.000 hektare lahan potensial yang nantinya akan dikembangkan menjadi lumbung pangan baru.

Presiden mengungkapkan bahwa untuk tahun ini setidaknya akan diselesaikan terlebih dahulu lahan seluas 30.000 hektare dan akan meningkat hingga dua tahun ke depan.

“Tahun ini insyaallah akan kita selesaikan kurang lebih 30 ribu hektare terlebih dahulu. Kemudian berikutnya dalam 1,5 sampai maksimal 2 tahun akan ditambah lagi 148.000 hektare baik itu di Kabupaten Pulang Pisau maupun Kapuas,” ujaranya.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, dan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo.

Baca Juga:  Ketua MPR Usul Pelantikan Jokowi Pukul 2 Siang

Kementerian Pertahanan, lanjut Jokowi, bertindak sebagai leading sector untuk pengembangan lumbung pangan nasional baru tersebut. Tidak hanya itu, Kementerian Pertahanan juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam menjalankan tugasnya.

“Karena ini menyangkut cadangan strategis pangan kita, leading sector-nya akan kita berikan ke Pak Menhan yang tentu saja didukung Pak Menteri Pertanian, juga Menteri PU. Tentu saja di daerah kita harapkan ada dukungan dari gubernur dan para bupati,” ungkap Presiden Jokowi.

Dengan adanya pengembangan lumbung pangan baru ini diharapkan cadangan pangan nasional nantinya dapat terpenuhi dan dikelola dengan manajemen yang baik hingga dapat diekspor ke negara-negara lain.

 

Advertisement
Advertisement

Terkini

Hukum23 menit ago

KPK Resmi Tetapkan Edhy Prabowo sebagai Tersangka Suap

SERIKATNEWS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus suap. KPK menyita...

Hukum9 jam ago

Diduga Korupsi Ekspor Benur, Edhy Prabowo Ditangkap

SERIKATNEWS.COM – Penyidik senior KPK Novel Baswedan turun tangan dalam aksi penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. Dalam...

News11 jam ago

Projo: Jangan Takut Memilih di Pilkada 2020, Taati Protokol Covid-19

SERIKATNEWS.COM – DPP Projo menyerukan kepada masyarakat agar menyambut Pilkada 2020 dengan bersemangat. Sekretaris Jenderal DPP Projo Handoko mengatakan masyarakat...

Peristiwa14 jam ago

Seorang Bocah Berusia 2 Tahun dianiaya Ayahnya sendiri Hingga Tangannya Patah

SERIKATNEWS.COM – Tangisan sang anak mengganggu tidur sang ayah. Hingga merasa kesal dan langsung bangun melakukan penganiayaan terhadap anaknya yang...

Sosial15 jam ago

Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Bansos di Tahun 2021

SERIKATNEWS.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengemukakan bahwa Pemprov DKI Jakarta tengah menganggarkan bansos di tahun 2021....

Politik22 jam ago

PPS Tulungrejo Lantik KPPS untuk Pilkada 2020

SERIKATNEWS.COM – Panitia Pemungutan Suara Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi melantik 46 ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Nantinya...

Olahraga22 jam ago

Link Live Streaming Manchester United Vs Istanbul Basaksehir

SERIKATNEWS.COM – Manchester United lawan Istanbul Basaksehir pada laga keempat Grup H Liga Champions 2020/2021. Laga dilangsungkan di Old Trafford...

Populer