Connect with us

Ekonomi

Ubaya Ajak Warga Penuhi Kebutuhan Nutrisi Pangan

Published

on

© Antara

SERIKATNEWS.COM – Universitas Surabaya (Ubaya) mengajak warga memenuhi kebutuhan nutrisi pangan. Caranya dengan menanam sayur dan buah secara mandiri di pekarangan rumah.

Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober 2020, Ubaya membagikan starter kit untuk berkebun ke warga sekitar kampus di Surabaya.

“Melalui peringatan ini, LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) bersama Pusdakota Ubaya bergerak ingin mengajak warga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pangan dengan mulai menanam sayur dan buah secara mandiri di pekarangan rumah,” ujar Rizal, seperti dikutip dari Antara, Jumat (16/10/2020).

Tim Ubaya membagikan 30 starter kit berkebun yang terdiri dari bibit sayur dan buah, pot tanaman, media tanam berupa tanah dan pupuk, serta polybag.

“Bibit sayur dan buah yang diberikan kepada warga yaitu kangkung, bayam hijau, dan terong. Warga juga mendapatkan satu tanaman sayur atau buah yang sudah tumbuh dari kebun Universitas Surabaya Training Center (UTC),” jelas Rizal.

Beberapa tanaman yang dibagikan seperti sawi, daun bawang, pagoda, selada, kangkung, dan tomat. Pemilihan bibit serta tanaman yang diberikan kepada warga, kata Rizal, merupakan hasil diskusi akan kebutuhan konsumsi dan kondisi warga setempat.

Aktivitas ini diharapkan menjadi alternatif menghilangkan rasa bosan selama pandemi di rumah. Selain itu, warga juga dapat memastikan kebutuhan nutrisi pangan diri sendiri atau keluarga.

“Kebiasaan ini dapat memberikan dampak keberlanjutan dalam menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi seperti ini,” ujarnya.

Kebutuhan nutrisi dan ketersediaan pangan yang berkualitas saat pandemi merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

“Kegiatan ini juga membantu warga dalam mengoptimalkan lahan kosong di lingkungan sekitar dengan penanaman bibit sayur dan buah,” imbuh Rizal.

Baca Juga:  Prospek Buah Naga Kuning di Indonesia Kian Menjanjikan

Selain itu, aktivitas berkebun memiliki efek jangka panjang dalam menggerakkan sektor perekonomian warga yang terdampak pandemi melalui jual beli hasil panen.

“Nantinya, hasil panen tersebut bisa menjadi bahan pangan yang dapat diolah dan dikonsumsi oleh warga,” kata Rizal.

Sementara itu, Ketua RT 4 Mejoyo, Kali Rungkut, Surabaya Anis Choiroti mengatakan sejak 2018 warga sudah menanam tanaman pangan. Kalau sayur kami sudah rutin menanam dan selama ini dipanen untuk dimakan sendiri.

“Inginnya kami bisa membudidayakan tanaman yang bisa dipasarkan di luar RT juga. Dengan kegiatan Ubaya setidaknya bisa lebih banyak warga yang sadar akan perlunya berkebun untuk ketahanan pangan karena sosialisasi dan pembagian bibit yang merata pada seluruh warga,” pungkasnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terkini

Sosial8 menit ago

Jateng Siapkan Tim Pengamanan untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik

SERIKATNEWS.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memang tidak melarang warga untuk mudik pada saat libur panjang akhir pekan 28...

Hukum17 menit ago

Dirlantas Polda Metro Jaya: Lima Pelanggaran Jadi Sasaran Utama, Tapi Petugas Utamakan Edukasi

SERIKATNEWS.COM – Ada lima hal yang perlu diperhatikan oleh para pengendara agar tidak ditilang dalam pelaksanaan Operasi Zebra yang dilakukan...

Budaya8 jam ago

Merawat Hubungan Bilateral melalui Gamelan Karawitan

SERIKATNEWS.COM – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan bahwa salah satu cara untuk merawat hubungan bilateral...

Sosial12 jam ago

Sekretaris SMSI Provinsi Riau Wafat, Seluruh Warga SMSI Duka Mendalam

SERIKATNEWS.COM – Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Mohammad Moralis, Sekretaris Serikat Media Siber...

Info Kesehatan20 jam ago

Enam Jenis Vaksin yang Dibutuhkan Orang Dewasa

SERIKATNEWS.COM – Vaksinasi menjadi hal yang penting, karena vaksin sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia, sehingga tubuh mampu...

Ekonomi21 jam ago

Desa Wisata yang Dikelola BUMDes akan Dongkrak Ekonomi Desa

SERIKATNEWS.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mulai Sabtu (24/10/2020) menyambangi sejumlah destinasi desa...

Ekonomi21 jam ago

Wamendes Ingin Petani Desa Klangon Bisa Produksi Porang

SERIKATNEWS.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengunjungi Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun,...

Populer