Connect with us

Internasional

50 WN Jepang Resmi Tinggalkan RI

Published

on

Ilustrasi warga Jepang (Foto: AP/Eugene Hoshiko)

SERIKATNEWS.COM – Indonesia masih terus menghadapi kasus corona (Covid-19) yang terus melonjak. Per Rabu 14 Juli 2021, RI kembali mencatat rekor baru kasus harian corona sebanyak 54.517 pasien dalam sehari. Rekor ini memecahkan rekor kemarin yang menembus 47.899 kasus.

Hari ini sebanyak 991 orang meregang nyawa di Indonesia akibat Covid-19. Dengan penambahan tersebut, maka total kasus meninggal dunia di Indonesia mendekat 70.000 orang, tepatnya 69.210 orang. Ini menjadikan total warga RI yang telah terinfeksi corona menjadi 2,67 juta orang.

Karena ini, sebanyak 50 warga negara (WN) Jepang yang bekerja di Indonesia memutuskan untuk pulang ke negara asalnya, Rabu 14 Juli 2021.

Dilansir CNBC Indonesia, dalam proses pemulangan ini, WN Jepang menggunakan pesawat charter All Nippon Airways (ANA). Dijadwalkan mendarat di Bandara Narita, Prefektur Chiba, yang berlokasi di timur laut ibukota Tokyo.

Diketahui bahwa perusahaan yang memboyong karyawan WN Jepang tersebut bernama Shimizu Corp. Saat tiba di Negeri Sakura, perusahaan tersebut juga berencana menyediakan vaksin Covid-19 ke mereka yang menginginkan vaksinasi.

Sebelumnya, dikutip dari NHK, keputusan memulangkan WN Jepang dari Indonesia telah diambil oleh beberapa perusahaan. Pegawai dan anggota keluarga sejumlah perusahaan telah dievakuasi karena instruksi kantor pusat di Jepang.

Pemerintah Jepang mendukung langkah ini. Melalui konferensi pers pada Selasa (13/7/2021) malam, Menteri Sekretariat Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan bahwa pemerintah Jepang akan mendukung warganya pulang.

“Dari sudut pandang melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan ini, sehingga warga Jepang yang ingin kembali dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin dan sebanyak mungkin. Setelah itu, kami berencana untuk melakukan tindakan serupa sebagai respons terhadap permintaan dari warga Jepang,” ujarnya.

Baca Juga:  RS Rujukan Covid-19 di Mesir Terbakar, 7 Orang Jadi Korban Tewas

Sementara itu, menurut Kedubes Jepang di Jakarta, penerbangan telah dilakukan tadi pagi. Hal ini atas inisiatif dari perusahaan swasta Jepang. Bukan usaha evakuasi maupun repatriasi dari Pemerintah Jepang.

“Sama halnya dengan Indonesia, dan negara-negara manapun, Jepang juga masih mengadakan pembatasan masuk bagi orang-orang dari luar negeri,” katanya.

“Pembatasan ini dilakukan untuk menjaga kapasitas pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di bandara beserta petugas medisnya dan fasilitas karantina bagi mereka yang datang dari luar negeri ini dapat beroperasi dengan baik.”

Menurut Kedubes Jepang, komentar Menteri Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato adalah merujuk ke bantuan dari Pemerintah Jepang ke warganya. Meliputi penambahan kuota bagi warga yang akan masuk kembali ke Jepang.

“(Ini) juga sambil menjaga kapasitas medis dan fasilitas karantina, serta hal-hal lain pendukung lainnya agar dapat beroperasi dengan baik dalam menerima kepulangan mereka,” tegas perwakilan resmi Jepang di Indonesia itu.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News29 menit ago

Kemenperin Terima 150 Unit Konsentrator Oksigen dari Asosiasi Gula

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perindustrian bersama pelaku dan asosiasi industri bertekad untuk terus melakukan upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di...

News46 menit ago

EFT Gelar Lomba Menulis Artikel, Hadiah Utama Rp7.500.000

SERIKATNEWS.COM – Selama ini pembangunan ekonomi dinilai hanya mengejar pertumbuhan dan sering kali merugian lingkungan. Karena itu, diperlukan inovasi kebijakan...

News9 jam ago

Yuk Merapat, PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan...

News10 jam ago

Sediakan Listrik untuk Kapal Sandar, PLN Dukung Pengembangan Pelabuhan Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus berinovasi dan menghadirkan layanan kelistrikan di sektor kelautan dan perikanan. Terbaru, Unit Pelaksana Pelayanan...

News10 jam ago

Generator Milik Kantor Pemkab Sampang Hangus Terbakar

SERIKATNEWS.COM – Lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Madura Jawa Timur dikagetkan dengan adanya asap hitam yang mengepul ke udara....

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.! Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!
Lifestyle13 jam ago

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!

SERIKATNEWS.COM – JAKARTA- Media sosial belum lama ini di gemparkan  dengan sosok remaja yang mempunyai fisik mirip dengan grup lawak...

News15 jam ago

Muncul Klaster Pendidikan, Zen ADV: Jangan Hentikan PTM, Kasihan Pendidikan Anak-anak

SERIKATNEWS.COM – Munculnya klaster pendidikan di beberapa daerah di Jateng setelah berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) beberapa minggu ini, hendaknya...

Populer

%d blogger menyukai ini: