Connect with us

Ekonomi

Dongkrak Ekonomi DIY melalui Daya Beli UMKM

Published

on

Ilustrasi ekonomi DIY © Net

SERIKATNEWS.COM – Pendapatan asli Daerah Istimewa Yogyakarta menurun pada triwulan pertama. Penargetan awal sebesar Rp2,1 triliun menjadi Rp998 miliar. Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono mengatakan banyak faktor yang mempengaruh penurunan pendapatan daerah di DIY, tetapi DIY masih memiliki sektor-sektor yang tumbuh seperti sektor pertanian, sektor komunikasi dan informasi, sarana kesehatan.

“Diharapkan dari sektor-sektor yang masih tumbuh dapat terus mendongkrak perekonomian DIY hingga penataan berikutnya pada triwulan pertama 2021,” ujar Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono seperti dilansir dari laman resmi Pemda DIY, Jumat (23/10/2020).

Pihaknya berharap proyek-proyek nasional juga dapat mendongkrak perekonomian di DIY. Proyek pembangunan jalan Tol Jogja-Solo merupakan salah satu proyek nasional yang sebentar lagi akan berlangsung. Diharapkan proyek itu menjadi salah satu pendongkrak ekonomi di DIY pada masa pandemi ini. “Harapannya akhir tahun pengantian ganti untung bisa dibayarkan sehingga memunculkan stimulus baru,” ujar Beny.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI DIY Hilman Tisnawan mengatakan bahwa perekonomian di DIY 2020 masih menunjukkan penurunan, tetapi pihaknya optimis melihat beberapa indikator bahwa pada 2021 akan menunjukkan kenaikan. Pemulihan sangat bergantung dengan arah Covid-19.

“Jika bisa mengendalikan Covid-19 dengan baik, maka pemulihan ekonomi akan semakin cepat,” ujar Hilman melalui Podcast Ngobrolin Jogja, di halaman Kantor Bappeda DIY, Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (23/10/2020).

Seperti yang diketahui bersama, sektor ekonomi yang mendominasi DIY adalah sektor pariwisata dan sektor pendidikan, sehingga pada saat pandemi melanda Indonesia dan terjadi penerapan lockdown, maka tidak dapat dipungkiri perekonomian DIY menjadi sangat berdampak.

Hilman berharap pada masa adaptasi kebiasaan baru seperti saat ini harus terus dilakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Dengan demikian, sektor pariwisata dan sektor pendidikan dapat mulai bangkit dan mampu meningkatkan perekonomian di DIY.

Baca Juga:  Besok, Desa Sukasari Panen Raya Bersama Wamendes PDTT

“Yang tak kalah penting, pemerintah daerah juga turut memperhatikan UMKM DIY agar tetap terus bangkit, meskipun pada masa-masa sekarang ini terjadi penurunan daya beli. Pemerintah daerah turut membantu dan mendukung UMKM DIY, karena UMKM juga turut mendukung perkembangan dalam sektor pariwisata maupun sektor pendidikan,” papar Hilman.

Tekanan ekonomi di masa pandemi tidak lantas membuat pesimis. Justru yang terjadi saat ini menimbulkan inovasi-inovasi baru di masyarakat. Contoh inovasi baru salah satunya dilakukan oleh Ardhi Iswansyah yaitu kurir sepeda. Melalui Podcast Ngobrolin Jogja, dia menyampaikan bahwa dirinya melihat peluang yang bagus. Bermula dari sepeda yang dimiliki, dia kemudian berpikir untuk membuat jasa kurir dengan menggunakan sepeda.

“Inovasi ini mendapat sambutan yang cukup baik dari para UMKM DIY, karena memiliki tarif yang lebih terjangkau,” katanya.

Kurir sepeda Ardhi tetap mengikuti protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19, seperti jaga jarak, menggunakan masker, dan membawa penyanitasi tangan. Bahkan dilakukan penyemprotan disinfektan yang terbuat dari bahan-bahan yang aman pada barang-barang yang akan diantar. (*)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Pendidikan1 jam ago

TPQLB Susun Modul Pembelajaran untuk Difabel

SERIKATNEWS.COM – Taman Pendidikan Quran Luar Biasa (TPQLB) Yayasan Spirit Dakwah Indonesia cabang Yogyakarta gelar rapat penyusunan modul pembelajaran, pada...

Sosial4 jam ago

Sempat Diguyur Hujan, NUsantara Bersholawat Tetap Berlangsung Ramai

SERIKATNEWS.COM – Setelah berhasil mengadakan seminar nasional, Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) selanjutnya mengadakan NUsantara Bersholawat. Kedua acara ini merupakan...

Ekonomi5 jam ago

Meski Angka Penjualan Turun Selama Covid-19, Bisnis Properti Tetap Menarik untuk Investasi

SERIKATNEWS.COM – Selama Pandemi Covid-19, bidang property terpukul sangat dalam dan diperkirakan masih akan berlanjut hingga tahun depan. Meski begitu,...

Budaya19 jam ago

PKN 2020: Perhelatan Kebudayaan Ramah Semesta Kebanggaan Indonesia

SERIKATNEWS.COM – Setelah dibuka pada 31 Oktober 2020 lalu oleh Presiden Joko Widodo secara daring, Pekan Kebudayaan Nasional 2020 yang...

Hukum20 jam ago

Wali Kota Cimahi dan Komisaris RSU Kasih Bunda Diduga Terlibat Kasus Suap

SERIKATNEWS.COM – Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna (AJM) beserta Komisaris RSU Kasih Bunda Hutama Yonathan (HY) diduga terlibat dalam...

Pariwisata2 hari ago

Jadi Tuan Rumah Global Tourism Forum 2021, Peluang Indonesia Bangkitkan Pariwisata dan Investasi

SERIKATNEWS.COM – Indonesia telah dipilih sebagai tuan rumah untuk Annual Meeting Indonesia Global Tourism Forum 2021. Dipilihnya Indonesia karena merupakan...

Hukum2 hari ago

Edhy Prabowo Kirim Surat Pengunduran Diri kepada Presiden

SERIKATNEWS.COM – Presiden Joko Widodo telah menerima surat pengunduran diri dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Edhy...

Populer

%d blogger menyukai ini: