Connect with us

Politik

Hasil Survei Unand: 52 Persen Warga Sumbar Alami Penurunan Pendapatan

Published

on

Sumbar
© Antara

SERIKATNEWS.COM – Pandemi Covid-19 mengakibatkan sebanyak 52 persen warga Sumatera Barat mengalami penurunan pendapatan. Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) Padang.

“Berdasarkan hasil survei ada beberapa pekerjaan yang mengalami penurunan pendapatan cukup drastis yaitu pedagang kecil, pelaku UMKM, pekerja harian lepas, pegawai dengan gaji tidak tetap, sopir, ojek dan pekerja rumah tangga,” kata Koordinator Tim Tanggap Darurat Covid-19 FISIP Unand Dr. Aidinil Zetra di Padang, Sumbar, Selasa (12/5/2020).

Pihaknya menjelaskan bahwa survei dalam Kajian Sosial Ekonomi Masyarakat Sumatera Barat pada Masa PSBB bekerja sama dengan Balitbang Provinsi Sumbar. Menurutnya, dari 1.007 responden yang diwawancarai, hanya 36 persen yang pendapatannya tetap saat Covid-19 dan ada 12 persen responden yang mengalami peningkatan pemasukan.

“Paling signifikan mengalami penurunan pendapatan adalah pedagang kecil mencapai 29 persen, UMKM 18 persen, pekerja harian lepas 16 persen, dan pegawai bertarget 13 persen,” katanya.

Pada responden pengendara ojek daring ditemukan mengalami penurunan pendapatan melebihi 50 persen dan dalam kondisi normal saja penghasilan mereka hanya Rp1,8 juta atau masih di bawah upah minimum regional.

“Padahal, mereka harus terus keluar rumah karena tuntutan pekerjaan dan perlu mendapatkan bantuan, namun belum menerima, ujarnya. Demikian juga, dengan pekerja harian lepas yang harus tetap bekerja sementara alat pelindung diri kurang memadai,” imbuhnya.

Ironisnya, saat 52 persen responden mengeluhkan penurunan pendapatan, 70 persen responden mengalami peningkatan pengeluaran antara 10 sampai 25 persen. Penambahan pengeluaran terjadi karena perubahan cara berbelanja menjadi daring mengakibatkan butuh biaya tambahan.

“Pengeluaran yang paling banyak menguras kantong selama masa pandemi adalah bahan makanan, sembako, sayuran dan lauk. Selain itu, pembelian vitamin, obat, dan sanitasi, pulsa telepon, dan paket data internet termasuk yang membuat pengeluaran kian membengkak,” ujar Aidinil.

Baca Juga:  Jokowi Tegaskan Tak Ada Toleransi Bagi Pengganggu Pancasila

Terkait dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang mengharuskan warga tetap berada di rumah, sebanyak 47 persen responden menyatakan patuh dan 62 persen masyarakat percaya dengan edaran dan informasi resmi yang disampaikan pemerintah.

“Selain itu, juga dihasilkan sebanyak 26,6 persen responden mengaku belum menemukan posko tanggap darurat Covid-19 di lingkungan tempat tinggal,” imbuh Aidinil.

Pada survei tersebut juga terungkap sebanyak 41 persen responden merasa perlu dibantu oleh pemerintah, namun 63 persen dari mereka belum tersentuh bantuan. Untuk pendistribusian bantuan sebanyak 57,1 persen responden mengaku bantuan belum diterima masyarakat dan hanya 21 persen responden yang menyatakan bantuan telah diterima masyarakat.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Hukum2 jam ago

Pemerintah Kecam Pembentukan Pemerintah Sementara Republik Papua Barat

SERIKATNEWS.COM – Tepat pada 1 Desember Organisasi Papua Merdeka (OPM) merayakan hari Ulang Tahunnya.Bersamaan dengan hal itu United Liberation Movement...

Ekonomi2 jam ago

Bertolak ke Papua Barat, Wamendes Ajak Masyarakat Desa Bangkit Bersama

SERIKATNEWS.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi melanjutkan kunjungan kerja keliling Nusantara. Wamendes...

Olahraga12 jam ago

Link Live Streaming Manchester United Vs PSG

SERIKATNEWS.COM – Liga Champions kali ini menyajikan laga antara Manchester United dan Paris Saint-Germain ( PSG). Duel kedua klub digelar...

News15 jam ago

BNPB Gunung Semeru Siapkan Tempat Pengungsian Warga

SERIKATNEWS.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengimbau kepada warga yang pemukimannya tidak jauh dari Gunung Semeru untuk tidak melakukan aktivitas...

News16 jam ago

Deformasi Gunung Merapi Ada 6 Periode

SERIKATNEWS.COM – Sumber tekanan magma di Gunung Merapi Yogyakarta, saat ini berada pada kedalaman 1,3 kilometer di bawah puncak. Hal itu...

Pendidikan16 jam ago

Butuh Protokol Tambahan untuk Sekolah Tatap Muka

SERIKATNEWS.COM – Epidemiolog UGM Bayu Satria Wiratama mengatakan bahwa keputusan untuk memulai pembelajaran tatap muka di sekolah perlu melibatkan sejumlah...

News20 jam ago

Tak Hadir Saat Dipanggil Penyidik, HRS Muncul di Reuni 212 dan Minta Maaf

SERIKATNEWS.COM – Reuni 212 digelar secara virtual dengan dihadiri oleh puluhan tokoh, baik dari tokoh agama, nasional dan aktivis, Rabu...

Populer

%d blogger menyukai ini: