Connect with us

Lifestyle

Hiperseksualitas Bisa Dialami Siapa Saja, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Published

on

Ilustrasi: SF Chronicle

SERIKATNEWS.COM – Bagi orang yang sudah memiliki pasangan dan cukup umur, sebenarnya seks adalah aktivitas normal bagi orang yang sudah memiliki pasangan dan cukup umur. Tetapi, aktivitas seks tak dibenarkan juga apabila dilakukan berlebihan.

Jika melakukan atau memikirkan tentang seks secara berlebihan, seseorang bisa dikatakan mengalami hiperseksualitas. Orang yang mengalami hiperseksual bisa saja terlibat dalam aktivitas seperti pornografi, masturbasi, dan seks dengan banyak pasangan. Akibatnya, orang tersebut merasa tertekan di berbagai bidang kehidupan termasuk pekerjaan dan hubungan.

Gejala Hiperseksualitas

Seseorang bisa dikatakan mengalami hiperseksualitas jika secara konsisten mengalami beberapa hal ini: pertama, memiliki fantasi, dorongan, dan perilaku seksual yang berulang dan intens serta di luar kendali.

Kedua, merasa terdorong untuk melakukan perilaku seksual tertentu, merasakan pelepasan ketegangan sesudahnya, tetapi juga merasa bersalah atau menyesal. Ketiga, tidak berhasil mengurangi atau mengontrol fantasi, dorongan, atau perilaku seksual Anda.

Keempat, menggunakan perilaku seksual kompulsif sebagai pelarian dari masalah lain, seperti kesepian, depresi, kecemasan atau stres. Kelima, terus melakukan perilaku seksual yang memiliki konsekuensi serius. Keenam, kesulitan membangun dan memelihara hubungan yang sehat dan stabil.

Penyebab

Mayo Clini menjelaskan bahwa belum bisa dipastikan apa yang memicu hiperseksual. Namun, beberapa hal memang bisa menjadi penyebabnya. Berikut ini pemicu perilaku hiperseksual:

1. Ketidakseimbangan Bahan Kimia Otak Alami

Bahan kimia tertentu di otak (neurotransmiter) seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin membantu mengatur suasana hati. Ketidakseimbangan bahan kimia yang terlalu tinggi juga bisa memicu perilaku seksual kompulsif.

2. Perubahan Jalur Otak

Perilaku seksual kompulsif mungkin merupakan kecanduan yang, seiring waktu, dapat menyebabkan perubahan sirkuit saraf otak. Terutama di pusat penguatan otak. Seperti kecanduan lainnya, rangsangan dan konten seksual yang lebih intensif biasanya membutuhkan banyak waktu untuk mendapatkan kepuasan atau kelegaan.

Baca Juga:  Kenali Cara Meminimalisir Potensi Bahaya Preeklampsia pada Ibu Hamil

3. Kondisi yang Mempengaruhi Otak

Penyakit atau masalah kesehatan tertentu, seperti epilepsi dan demensia, dapat menyebabkan kerusakan pada bagian otak. Hal ini dapat memengaruhi perilaku seksual.

Selain itu, pengobatan penyakit Parkinson dengan beberapa obat agonis dopamin dapat menyebabkan perilaku seksual kompulsif.

Hiperseksual bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada anak-anak sekalipun. Biasanya, hal ini didorong oleh mudahnya akses ke konten seksual. Kemajuan teknologi dan media sosial memungkinkan akses ke citra dan informasi seksual yang semakin intensif.

Selain itu, konflik keluarga atau anggota keluarga dengan masalah seperti kecanduan dan adanya riwayat pelecehan bisa memicu kondisi hiperseks. (*)

Advertisement
Advertisement

Terkini

News24 menit ago

Program Kartu Prakerja Sudah Jalani Audit Inspektorat Kementerian, BPK, BPKP, hingga Taati Saran KPK

SERIKATNEWS.COM – Pelaksanaan Program Kartu Prakerja telah menjalani audit, reviu dan evaluasi oleh Inspektorat Jenderal Kemenko Perekonomian, Inspektorat Jenderal Kementerian...

Ekonomi34 menit ago

Program Kartu Prakerja Atasi Tiga Masalah Utama Ketenagakerjaan Indonesia

SERIKATNEWS.COM – Kondisi ketenagakerjaan Indonesia sebelum masa pandemi Covid-19 ditandai dengan tiga hal yang sangat menonjol. Yakni, rendahnya produktivitas kerja,...

News53 menit ago

Kesiapan UGM Sambut Peserta CBT UM

SERIKATNEWS.COM – Sebanyak 36.470 peserta mengikuti Computer Based Test Ujian Masuk Univeritas Gadjah Mada (CBT-UM UGM) 2021 hari pertama yang...

News21 jam ago

Brigjen Pol Sukawinaya Jabat Sestama BNN, JARRAK: Sosok Penuh Prestasi

SERIKATNEWS- Sebanyak 12 pejabat Badan NarkotikaNasional (BNN) RI yang terdiri dari pimpinan tinggipratama, administrator, dan penyidik madya dilantiksekaligus melakukan sumpah...

News22 jam ago

PLN Apresiasi Ditjen Minerba dan 48 Pemasok Batu Bara Jaga Keandalan Listrik 

SERIKATNEWS.COM- PLN mengapresiasi dukungan pemerintah dan 48 mitra pemasok batu bara dalam penyediaan bahan bakar pembangkit demi menjaga keandalan pasokan...

News1 hari ago

Sanggar Belajar: Tingkatkan Semangat Literasi Desa melalui Edukasi Alternatif

SERIKATNEWS.COM- Pemuda Jatiurip menyelenggarakan edukasi Alternatif dunia literasi. Program Dunia literasi yang dijalankan ini sesuai dengan program Karang Taruna Desa...

Olahraga1 hari ago

Dukung Ajang PON XX di Papua, PLN Siapkan Perkuatan Keandalan Listrik 

SERIKATNEWS.COM- PLN siap menyukseskan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan digelar Oktober mendatang. Progres pekerjaan kelistrikan untuk...

Populer

%d blogger menyukai ini: