Connect with us

Lifestyle

5 Kandungan Baik Buah Naga

Published

on

Ilustrasi buah naga

SERIKATNEWS.COM – Buah naga selalu memikat. Apalagi manfaatnya luar biasa untuk kesehatan. Tak heran, masyarakat tergiur untuk mengonsumsinya.

Namun demikian, belum ada penelitian yang memberikan kekuatan khusus tentang buah naga sebagai buah yang kaya nutrisi.

“Meskipun buah naga belum secara langsung dikaitkan dengan pencegahan penyakit, makanan yang kaya antioksidan dan serat ini dapat mendukung kesehatan jantung. Juga bisa melawan peradangan yang dapat meningkatkan risiko penyakit di masa depan,” kata Erin Palinski-Wade, ahli diet berlisensi dan penulis Belly Fat Diet for Dummies.

Buah naga mengandung vitamin C dan magnesium dalam jumlah yang banyak. Ditambah karotenoid, likopen, mangan, fosfor, zat besi, dan kalsium.

Tak ada alasan untuk memulai mengonsumsi buah naga. Sebab beberapa hal baik yang terkandung di dalamnya. Di antaranya:

1. Rendah Kalori

Buah naga merupakan buah yang rendah kalori. Hanya sekitar 60 per setengah mangkuk buah.

Hal ini dikatakan Mareya Ibrahim, pendiri Eat Cleaner dan penulis Eat Like you Give a Fork. Menurutnya, buah naga dapat menjadi pilihan yang pas bagi orang yang ingin menjaga berat badannya.

2. Tinggi Serat

Buah naga kaya akan serat. Maka dari itu, dapat membantu meringankan sembelit dan menggerakkan berbagai hal baik untuk tubuh.

“Satu mangkuk buah naga mengandung tujuh gram serat,” kata Jenna Gorham, ahli diet, gizi berlisensi, dan pendiri Link, sebuah perusahaan yang menghubungkan merek dengan ahli diet.

Pada umumnya buah naga memiliki sekitar dua gram serat. “Kandungan seratnya membantu menurunkan kolesterol, gula darah, dan tekanan darah serta mendukung sistem pencernaan yang sehat,” jelas Akua Woolbright MD, Direktur Nutrisi Nasional untuk Whole Cities Foundation, badan nirlaba Whole Foods.

Baca Juga:  Indah Permatasari Menikah Bukah Ayah Sendiri Yang Jadi Walinya

3. Mengandung Banyak Magnesium

Buah naga mengandung lebih banyak magnesium daripada kebanyakan buah-buahan lainnya. “Hal ini dapat membantu mendukung kesehatan kita,” kata Palinski-Wade.

Magnesium menawarkan banyak manfaat, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi kecemasan, dan menurunkan tekanan darah.

“Kadar magnesium yang rendah dapat meningkatkan insomnia, jadi menambahkan buah naga ke dalam makanan atau camilan kamu, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur,” imbuh Palinski-Wade.

4. Mengandung Vitamin C

Palinski-Wade mengatakan buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan karena memberikan vitamin C dalam jumlah yang baik.

5. Mengandung Prebiotik

Mungkin tak asing di telinga tentang probiotik. Yaitu, bakteri baik yang membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Dr Woolbright mengatakan, kita dapat memberi bakteri-bakteri tersebut makan, dan mendorong pertumbuhan dengan prebiotik, dan buah naga menjadi solusinya. Menurutnya, prebiotik yang terkandung dalam buah naga membantu mendukung kesehatan usus.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News27 menit ago

Program Kartu Prakerja Sudah Jalani Audit Inspektorat Kementerian, BPK, BPKP, hingga Taati Saran KPK

SERIKATNEWS.COM – Pelaksanaan Program Kartu Prakerja telah menjalani audit, reviu dan evaluasi oleh Inspektorat Jenderal Kemenko Perekonomian, Inspektorat Jenderal Kementerian...

Ekonomi37 menit ago

Program Kartu Prakerja Atasi Tiga Masalah Utama Ketenagakerjaan Indonesia

SERIKATNEWS.COM – Kondisi ketenagakerjaan Indonesia sebelum masa pandemi Covid-19 ditandai dengan tiga hal yang sangat menonjol. Yakni, rendahnya produktivitas kerja,...

News56 menit ago

Kesiapan UGM Sambut Peserta CBT UM

SERIKATNEWS.COM – Sebanyak 36.470 peserta mengikuti Computer Based Test Ujian Masuk Univeritas Gadjah Mada (CBT-UM UGM) 2021 hari pertama yang...

News21 jam ago

Brigjen Pol Sukawinaya Jabat Sestama BNN, JARRAK: Sosok Penuh Prestasi

SERIKATNEWS- Sebanyak 12 pejabat Badan NarkotikaNasional (BNN) RI yang terdiri dari pimpinan tinggipratama, administrator, dan penyidik madya dilantiksekaligus melakukan sumpah...

News22 jam ago

PLN Apresiasi Ditjen Minerba dan 48 Pemasok Batu Bara Jaga Keandalan Listrik 

SERIKATNEWS.COM- PLN mengapresiasi dukungan pemerintah dan 48 mitra pemasok batu bara dalam penyediaan bahan bakar pembangkit demi menjaga keandalan pasokan...

News1 hari ago

Sanggar Belajar: Tingkatkan Semangat Literasi Desa melalui Edukasi Alternatif

SERIKATNEWS.COM- Pemuda Jatiurip menyelenggarakan edukasi Alternatif dunia literasi. Program Dunia literasi yang dijalankan ini sesuai dengan program Karang Taruna Desa...

Olahraga1 hari ago

Dukung Ajang PON XX di Papua, PLN Siapkan Perkuatan Keandalan Listrik 

SERIKATNEWS.COM- PLN siap menyukseskan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan digelar Oktober mendatang. Progres pekerjaan kelistrikan untuk...

Populer

%d blogger menyukai ini: