Connect with us

News

Kepolisian Resor Kota Padang Jaring 400 Pelanggar Prokes

Published

on

Para pelanggar dikumpulkan di halaman Polresta Padang usai terjaring operasi yustisi yang digelar Polresta Padang bersama instansi terkait lainnya, Jumat (30/4) malam. (Foto: Antara)

SERIKATNEWS.COM – Operasi yustisi gabungan yang digelar Kepolisian Resor Kota Padang bersama instansi terkait menjaring 400 pelanggar protokol kesehatan Covid-19. Peristiwa ini terjadi karena tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Operasi yustisi yang banyak menjaring anak muda itu dilakukan oleh petugas dari Jumat malam hingga Sabtu dini hari.

“Mereka adalah warga yang kedapatan tidak mengenakkan masker ketika berkumpul-kumpul di luar rumah,” imbuh Imran Amir, Kepala Kepolisian Resor Kota Padang Kombes Pol, Sabtu, 01 Mei 2021.

Ratusan orang yang tertangkap langsung dibawa ke Kantor Polresta Padang untuk diproses lebih lanjut.

Selain itu, dalam kegiatan serupa juga menjaring beberapa pemilik usaha yang tidak menjalankan protokol kesehatan di tempat usahanya.

Menurutnya, para pelanggar langsung diproses oleh Satpol-PP Padang sesuai dengan Peraturan Derah Nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru.

Sementara Kepala Bidang Penegak Peraturan Perundang-undangan Daerah (P3D) Satpol PP Padang Bambang Suprianto mengatakan para pelanggar akan diambil datanya.

Lalu identitas tersebut dimasukkan ke dalam aplikasi daring Sistem Informasi Pelanggar Perda (Sipelada). Guna untuk melihat apakah 400 pelanggar itu baru pertama ditindak, atau sudah kedua kali.

“Dari data Sipelada diketahui kalau 400 pelanggar malam ini baru pertama kali ditindak, sehingga cuma diberi teguran dan diambil datanya,” imbuhnya.

Jika pelanggar telah ditindak dua kali, maka akan terancam sanksi denda hingga pidana dengan ancaman kurungan selama dua hari atau denda maksimal Rp250 ribu, sesuai Perda Nomor 6 tahun 2020.

“Oleh karena itu kami ingatkan kepada pelanggar hari ini jangan sampai melakukan pelanggaran lagi, sanksi kurungan menanti,” tegasnya.

Ia membeberkan ada pelaku usaha yang dikenakan sanksi denda Rp500 malam itu karena sudah dua kali melakukan pelanggaran.

Baca Juga:  Gus Yaqut: Saya Tidak Melindungi Kelompok Organisasi Manapun

Imran Amir, Kapolresta Padang juga mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan secara disiplin, terutama saat beraktivitas di luar.

“Jangan abai dengan kondisi ini (pandemi), angka penularan harus terus ditekan di Kota Padang yang sekarang berstatus zona oranye,” katanya.

Sebelumnya, operasi yustisi gabungan juga dilakukan oleh Polresta Padang bersama Satpol-PP Padang, Satpol-PP provinsi, Brimob Polda Sumbar, dan Bidokkes Polda Sumbar. (*)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terkini

Sosial-Budaya25 menit ago

Tata Cara Menggelar Salat Idulfitri 1442 H Saat Pandemi

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan panduan penyelenggaraan Salat Idulfitri 1442 H/2021. Panduan salat id di saat pandemi Covid-19...

News9 jam ago

Jumlah Covid-19 Tembus 1,7 Juta, Gus AMI Minta Pemerintah Percepat Vaksinasi

SERIKATNEWS.COM – Kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Berdasarkan data terbaru dari Satgas Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan, hingga Jumat 07...

News10 jam ago

Untuk Perawatan, Pasar Tanah Abang Ditutup Mulai 12 Mei

SERIKATNEWS.COM – Pasar Tanah Abang akan ditutup mulai 12 Mei 2021 hingga Selasa 18 Mei 2021. Pasar tekstil terbesar di...

Opini11 jam ago

Ramadan, Maafkan Kami yang Lemah Ini

TIDAK terasa ramadan akan berakhir. Bulan yang segala lipat ganda pahala dan keberkahan serta napak tilas turunnya al-Qur’an (nuzulul qur’an)...

News12 jam ago

22 Ribu Kendaraan Diputarbalik

SERIKATNEWS.COM – Selama dua hari penyekatan, 6-17 Mei 2021, pada masa pelarangan mudik di wilayah Provinsi Jawa Barat, petugas gabungan...

Ekonomi20 jam ago

Kurangi Impor, Pemerintah Genjot Pengembangan Pabrik Garam Industri

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah melalui Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Marves) terus mendorong pengembangan pabrik percontohan garam industri di Gresik, Jawa Timur....

Politik1 hari ago

Selesaikan Konflik Papua Secara Holistik dan Kolaboratif

SERIKATNEWS.COM – Konflik yang terjadi di Papua harus diurai akar persoalannya. Kemudian diambil langkah-langkah penyelesaikan secara kolaboratif dan holistik. Hal...

Populer

%d blogger menyukai ini: