Connect with us

Ekonomi

Pengrajin Batik Rahma Yeni Berbagi Ilmu dengan Kaum Perempuan

Published

on

Foto: sumbar.siberindo.co

SERIKATNEWS.COM – Permintaan batik Sampan di Desa Sungai Kasai Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman yang dikembangkan Rahma Yeni semakin banyak. Hal tersebut mendorong Pemerintahan Desa Sungai Kasai memfasilitasi pelatihan batik.

Pelatihan batik yang dilakukan di rumah Rahma Yeni dalam rangka peningkatan kapasitas perempuan. Pelatihan dilangsungkan selama lima hari. Ada sebanyak 20 orang peserta yang mengikuti pelatihan batik.

“Mereka terdiri perempuan berusia 18 hingga 35 tahun. Sebanyak 75 persen peserta berumur 25 tahun ke bawah. Pelatihan dimulai sejak Kamis (26/11) hingga Selasa (1/12). Pelatihan ini langsung dikenalkan dan dipraktikkan bagaimana membatik,” kata Rahma Yeni, Selasa (1/12/2020), seperti dikutip dari sumbar.siberindo.co.

Pelatihan yang diberikan dimulai dengan pengenalan batik, canting, pemindahan pola, pewarna, adonan warna dan melorod yang merupakan proses akhir. Menurut Rahma, sekitar 80 persen peserta memiliki potensi untuk mengembangkan batik. Banyak peserta yang berbakat untuk mengembangkan batik ini.

Mereka antusias mengikuti pelatihan batik. Meskipun dijadwalkan pelatihan berlangsung pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, tetapi ada peserta yang sudah datang sebelum pukul 08.00 WIB dan pulangnya hingga pukul 18.00 WIB. Peserta menunjukkan besarnya keinginan untuk mahir membatik.

Menurut Rahma, pelatihan membatik bertujuan untuk menambah keterampilan kaum perempuan. Dari keterampilan itu dapat menghasilkan sesuatu yang positif. Selain itu, membuka lapangan pekerjaan membatik. Yang awalnya menganggur, nantinya bisa bekerja membatik.

“Jika mereka sudah pandai membatik, silakan mau bergabung dengan kami, buka usaha membatik sendiri, atau hanya menerima upah dengan mengerjakannya di rumah masing-masing. Bagi kami yang penting itu mereka bisa membatik dan menghasilkan uang,” ujar Rahma.

Dia mengaku tidak khawatir makin banyak warga Sungai Kasai membatik akan merugikannya. Justru semakin banyak yang bisa membatik, akan menguntungkan, yaitu bisa memenuhi permintaan pasar yang makin meningkatkan. “Bahkan jika pesanan dalam jumlah banyak, kita bisa penuhi dengan menghimpun pengrajin batik ini,” imbuh Rahma Yeni.

Baca Juga:  HUT Jakarta ke-493, Ketum Partai Gelora Percaya Jakarta Tangguh Menghadapi Krisis

Salah satu peserta pelatihan, Wirda Sepriana (26), mengaku senang mengikuti pelatihan membatik ini. Alasannya, dirinya suka melukis sehingga tertarik membatik. Meski pelatihan lima hari, Wirda mengaku sudah bisa. “Saya berharap bisa berkembang dengan membatik ini,” kata Wirda yang sebelumnya kader posyandu Desa Sungai Kasai.

Ketua BPD Desa Sungai Kasai Kasmiadi yang meninjau pelaksanaan pelatihan mengatakan bahwa pelatihan membatik ini sengaja dianggarkan dananya melalui Pemerintah Desa. Hal tersebut untuk mengatasi pengangguran di Sungai Kasai.

“Jika pelatihan ini berhasil, tentu akan meningkatkan ekonomi kaum perempuan. Karena ini pelatihan pertama, tingkat dasar, tahun depan akan dianggarkan lagi untuk pelatihan lanjutannya. Sehingga hasil membatiknya semakin baik dan mampu dikembangkan,” kata Kasmiadi.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Olahraga1 jam ago

Link Live Streaming Manchester United Vs Liverpool

SERIKATNEWS.COM – Pertandingan antara Manchester United dan Liverpool tersaji pada putaran keempat Piala FA 2020-2021. Pertandingan ini dilangsungkan di Old...

News6 jam ago

PLN Beri Layanan Gratis Penyambungan Listrik untuk Korban Gempa di Sulbar

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) memberikan layanan penyambungan listrik gratis bagi korban gempa yang bangunannya rusak di Sulawesi Barat (Sulbar)....

News7 jam ago

Wisatawan Pantai Jayanti Cianjur Terseret Ombak

SERIKATNEWS.COM – Seorang wisatawan terseret ombak di Pantai Jayanti Kecamatan Cidaun Cianjur, Jawa Barat, Minggu (24/1/2021). Diduga, korban bermain terlalu...

Lifestyle1 hari ago

Susu Cair Bisa Suburkan Tanaman Hias

SERIKATNEWS.COM – Susu cair bisa dijadikan sebagai pupuk penyubur tanaman hias. Kandungan kalsium dan vitamin B dalam susu cair mampu...

News1 hari ago

Pasien Covid-19 di Kulon Progo Kembali Melambung

SERIKATNEWS.COM – Sebanyak 44 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebut disampaikan oleh...

Potret1 hari ago

John Paul DeJoria, Seorang Tunawisma yang Jadi Miliarder Berharta Rp37 Triliun

SERIKATNEWS.COM – John Paul DeJoria adalah seorang pebisnis yang sukses menjadi miliarder di Amerika Serikat (AS). DeJoria adalah co-founder perusahaan...

News1 hari ago

Kawasan Wisata di Bintan Mendapat Apresiasi dari Sandiaga Uno

SERIKATNEWS.COM – Penerapan protokol kesehatan di Bintan mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. “Saya mengapresiasi sejak...

Populer

%d blogger menyukai ini: