Connect with us

Ekonomi

Ekonom UI Berharap Pemerintah Percepat Serapan Belanja

Published

on

© Kompas

SERIKATNEWS.COM – Ekonom Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi mengatakan bahwa Indonesia bisa menghindari jurang resesi dengan syarat pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III tahun 2020. Menurutnya, pemerintah harus mendorong sisi konsumsi dan mempercepat penyerapan belanja.

“Kita harus mendorong konsumsi, mendorong pemerintah push strategi. Di beberapa waktu terakhir kita lihat pembangunan infrastruktur yang sebelumnya tertunda, disegerakan, terus untuk usaha rakyat UMKM, ada juga gaji ke-13, hal-hal ini yang bisa,” kata Fithra dalam diskusi secara virtual pada Sabtu (1/8/2020).

Fithra mengatakan bahwa pemerintah harus bisa memanfaatkan peluang dan mengoptimalkan kinerja Satgas Penanganan COVID-19 yang baru dibentuk agar fokus pada serapan belanja di kementerian dan lembaga yang sempat mandek.

“Jadi harus cepat-cepat, kalau engga kita bisa kehilangan momentum membangkitkan perekonomian, itu yang harus kita lakukan,” jelasnya.

Fithra juga menambahkan, untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, faktor kesehatan juga harus mendapatkan perhatian supaya pemulihan ekonomi berjalan optimal.

“Bidang kesehatan juga dapat perhatian supaya pemulihan ekonomi bisa optimal. Tidak hanya anggaran mandek-mandek di lapangan saja,” tegasnya.

Baca Juga:  Wamendes: Kemandirian Nelayan Sumbangan untuk Indonesia
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular