Connect with us

Sosok

Gibran; Putra Presiden, Jadi Tukang Martabak, hingga Daftar Wali Kota Solo

Published

on

Gibran

SERIKATNEWS.COM – Gibran Rakabuming Raka, resmi mencalonkan diri sebagai calon wali kota Solo pada Pilkada 2020. Putra sulung Presiden Joko Widodo ini telah menyelesaikan pendaftaran di Kantor DPD PDI-P Jawa Tengah di Panti Marhaen Semarang, Kamis (12/12/2019) siang.

Untuk diketahui, sebelum terjun ke dunia politik, Gibran memulai usaha kuliner, seperti katering Chili Pari, Martabak Kota Baru (Markobar), warung kopi, hingga ceker ayam. Gibran merintis usaha katering Chili Pari pada tahun 2010, dengan modal yang didapatkannya dari pinjaman bank.

Menurutnya, menjadi pengusaha katering dan membuka usaha martabak merupakan pilihan hidupnya. Salah satu alasannya karena ia ingin hidup mandiri. Bahkan ia menilai, jika membuka usaha katering, ada peluang meraup untung, misalnya ketika ada event pernikahan. Usaha itu juga didukung dengan dirinya yang memiliki gedung pernikahan sendiri.

Tak hanya bisnis Chili Pari yang mulai berkembang, untuk bisnis Markobar juga mengalami peningkatan. Bisnis martabak yang didirikan pada tahun 2015 ini telah memiliki 29 cabang yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia. Terkait bisnis mebel yang dulunya dijalani oleh Presiden Jokowi, Gibran menolak meneruskan usaha tersebut.

Terbilang sukses dengan bisnisnya di bidang kuliner, Gibran sempat mengaku tidak memiliki keinginan unutk terjun ke dunia politik. “Enggak sih. Saat ini enggaklah. Saya begini sajalah, jualan martabak,” ujar Gibran dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, saat jelang Pemilihan Presiden 2019, Gibran juga mengaku tidak pernah menjadi tim sukses untuk salah satu pasangan calon. Meski dirinya merupakan anak orang nomor satu di Indonesia, ia meyakinkan tidak ikut perpolitikan nasional.

Sebagai pengusaha, ia dituntut untuk menekuni program coporate social responbility (CSR). Adapun jika ingin membantu banyak orang, maka pilihan satu-satunya adalah terjun ke dunia politik. Sebab, politisi dan pejabat publik dapat membuat kebijakan merakyat yang dapat membantu banyak orang.

Baca Juga:  Massie Nilai Erlangga Hartarto Figur Tepat Kembalikan Kejayaan Golkar

Ia juga menyampaikan bahwa pengusaha bisa menjadi politikus, namun politikus belum tentu bisa menjadi pengusaha. “Karena pengusaha yang sukses itu harus ada yang namanya pengembalian ke masyarakat. Jadi harus ada yang namanya pengabdian ke negara dan itu menurut saya sodaqoh,” ujar Gibran.

Setahun kemudian, Gibran resmi mendaftar sebagai calon wali kota Solo pada ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Ia juga telah mengadakan orasi politik di halaman kantor DPD PDIP Jawa Tengah. Usai pendaftaran menjadi calon wali kota, Jokowi pun memberikan pesan khusus kepada anak sulungnya.

“Banyak dapat saran dari Bapak. Ya, intinya harus ikhlas,” ujar Gibran.

Advertisement

Popular