Connect with us

Gaya Hidup

Legenda Masyarakat Warnai Pantai Batuhoda

Published

on

Legenda Masyarakat Warnai Pantai Batuhoda

SERIKATNEWS.COM – Pesona Danau Toba selalu dapat memikat wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung. Di balik kemegahan Danau Toba, tersembunyi pantai cantik bernama Batuhoda.

Batuhoda adalah spot destinasi wisata baru di Danau Toba. Setelah direct flight internasional dibuka, kawasan Danau Toba terus dipercantik dan destinasi pun semakin dilengkapi. Danau Toba juga bakal memiliki destinasi pantai pertama, namanya Batuhoda. Wisata pantai ini rencananya akan di-launching awal September 2018.

Samosir Ombang Siboro (Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten) menyampaikan yang menarik dari berdirinya Batuhoda Beach adalah legenda masyarakat yang turut mewarnai.

“Batuhoda ini akan menjadi destinasi wisata pantai terbaru di Samosir. Dan akan melengkapi destinasi yang ada di sekitar Danau Toba. Pantai ini belum dibuka untuk umum. Karena kita masih finishing di beberapa bagian. Yang menarik dari pantai ini adalah legenda di tengah-tengah masyarakat sekitar,” ujar Ombang Siboro, Rabu (29/8/2018).

Ombang menjelaskan bahwa masyarakat percaya jika dahulu ada kuda yang datang dari perairan dan terdampar di sini. Namun, dia kesepian, lalu kuda itu mencari pasangan, akan tettapi tidak didapat. Akhirnya, dia pun diam membatu. Batu tersebut dipercaya berada di pinggiran pantai dan diapit batu-batu lain.

“Dari kisah itu, pantai ini kemudian diberi nama Batuhoda. Yang artinya adalah batu kuda. Kebenarannya kita tidak tahu karena itu legenda. Tapi masyarakat sekitar memercayai hal tersebut,” ucap Ombang.

Menurut Ombang, Pantai Batuhoda adalah milik seorang warga. Akan tetapi, pengelolaan pantai ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Samosir.

“Lahannya punya warga. Tapi bekerja sama dengan kita. Termasuk desain dan pengelolaannya itu dari kita. Nantinya, kita juga merangkul masyarakat untuk berjualan di sini. Sistemnya bagi hasil. Tapi kulinernya juga ada standar kualitasnya. Karena kita tidak hanya merangkul wisatawan lokal dan Nusantara, tetapi juga mancanegara,” katanya.

Baca Juga:  Kunjungan Wisatawan ke Bandung Naik 30 Persen

Konsep Pantai Batuhoda sangat kekinian. Pantai di pinggiran Danau Toba itu memiliki sejumlah spot yang Instagramable. Ada spot berkonsep rumah, spot love. Ada juga lokasi di ketinggian yang keren, serta sebuah rumah pohon berbentuk rumah burung. Ikon pantai ini adalah sebuah patung kuda hitam. Patung ini terbuat dari material ban bekas. Menurut Ombang, patung ini dibuat oleh seniman lokal.

Pantai Batuhoda rencananya dibuat sangat modern. Ombang pun tidak ragu memaparkan konsep yang akan diterapkan.

“Akan ada konsep glamcamp. Nanti kita sediakan area camping. Tapi, rencananya juga didirikan penginapan. Namun, hal ini akan dilakukan sambil berjalan. Jadi, pantai ini akan benar-benar langkap,” imbuhnya.

Hadirnya destinasi wisata baru di Danau Toba disambut baik Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Menurutnya, Danau Toba sebagai destinasi prioritas memang harus dilengkapi dengan destinasi berkualitas.

“Danau Toba harus terus dibangun untuk menarik wisatawan. Sebab, aksesibilitasnya sudah diperluas lewat direct flight internasional ke Bandara Silangit. Selain destinasi, atraksi juga harus diperkaya. Tujuannya agar waktu tinggal wisatawan di kawasan Danau Toba semakin panjang,” ucapnya.

Advertisement

Terkini

Ekonomi32 menit ago

Kemendagri Beberkan Strategi APBD

SERIKATNEWS.COM, Jakarta – Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni membeberkan...

Olahraga4 jam ago

PSG Siap Naikkan Gaji Kylian Mbappe

SERIKATNEWS.COM – PSG terus berupaya meyakinkan Kylian Mbappe agar tidak pindah klub. Agar sang pemain bertahan, klub Ligue 1 siap memberikan...

News5 jam ago

Makin Mudah dan Cepat, Pengaduan Layanan Kelistrikan Lewat PLN Mobile

SERIKATNEWS.COM- PT PLN (Persero) memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan pengaduan layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact...

Olahraga5 jam ago

Penyebab Jadon Sancho Kurang Gacor di MU Menurut Ralf Rangnick

SERIKATNEWS.COM – Manchester United melakukan sebuah transfer besar musim panas kemarin. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu membayar sekitar...

News5 jam ago

Operasikan SPKLU Kedua di Palembang, PLN Dukung Pemprov Sumsel Wujudkan Program KBLBB

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) menambah satu unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) Demang Lebar Daun di Palembang. Ini merupakan...

News5 jam ago

Kader Gerindra Lombok Utara Tersangka Korupsi, PP Lokra Tagih Komitmen Prabowo Berantas Korupsi

SERIKATNEWS.COM – Koordinator Nasional Persatuan Pemuda Lombok-Jakarta (Koornas PP Lokra) tagih komitmen Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo...

News7 jam ago

Komitmen Pemerintah Tingkatkan Kesetaraan Gender di Dunia Kerja

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah kembali memastikan bahwa ke depan akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dunia...

Populer

%d blogger menyukai ini: