Connect with us

Ekonomi

Padat Karya Tunai Permukiman Disebut Serap 300.000 Tenaga Kerja

Published

on

Program Padat Karya Tunai bidang permukiman Kementerian PUPR. (Foto: Antara)

SERIKATNEWS.COM – Program padat karya tunai (PKT) bidang cipta karya atau permukiman menyerap lebih dari 300 ribu tenaga kerja.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, refocusing anggaran pada 2021 dari semula Rp12,18 triliun menjadi Rp23,24 triliun. Salah satunya digunakan untuk program PKT.

Hal ini, kata Menteri Basuki, sesuai arahan Presiden Jokowi untuk memperluas anggaran program padat karya dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dampak pandemi COVID-19.

“Terdapat 20 kegiatan yang diharapkan dapat menyerap 1,23 juta tenaga kerja untuk mempercepat pemulihan ekonomi, sehingga akan memberikan kontribusi pada program PEN sebagai dampak pandemi,” kata Basuki dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu 22 September 2021.

Salah satu program PKT yang dilaksanakan di Kementerian PUPR adalah pada bidang permukiman dengan alokasi semula sebesar Rp5,29 triliun dengan target serapan 219.821 tenaga kerja meningkat menjadi Rp5,7 triliun.

Tercatat, berdasarkan data hingga 21 September 2021, realisasi padat karya permukiman yang sudah dilaksanakan sebesar 81,5 persen senilai Rp4,5 triliun dengan penyerapan tenaga kerja 324.554 orang atau lebih besar dari target semula.

Pembangunan infrastruktur permukiman dengan skema PKT salah satunya dilaksanakan melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) dan sanitasi berbasis masyarakat (sanimas).

Pada 2021, pamsimas dilaksanakan di 5.809 lokasi dengan total anggaran sebesar Rp1,41 triliun. Tercatat hingga saat ini pelaksanaan PKT pamsimas sudah 84 persen dengan serapan tenaga kerja sebanyak 43.967 orang.

Sedangkan, untuk program sanimas dialokasikan anggaran Rp900 miliar. Kegiatan PKT ini di antaranya dilaksanakan dengan pembangunan prasarana mandi cuci kakus (MCK), instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal, instalasi pengolahan air limbah (IPAL) kombinasi dengan MCK dan sambungan rumah (SR). Hingga saat ini, progres pelaksanaan PKT sanimas sudah 89,3 persen dengan serapan tenaga kerja sebanyak 43.253 orang.

Baca Juga:  Kalangan Difabel Tunarungu Produksi Masker Batik

Kegiatan PKT bidang permukiman selanjutnya adalah program pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW) yang pada 2021 akan menjangkau 1.500 lokasi dengan alokasi anggaran sebesar Rp900 miliar. Progresnya saat ini sudah terlaksana sebesar 83,7 persen dengan serapan tenaga kerja sebanyak 22.830 orang.

Lalu, program kota tanpa kumuh (kotaku) yang pada 2021 dilaksanakan di 2.099 lokasi senilai Rp977 miliar. Progresnya hingga saat ini sudah terserap 90,2 persen senilai Rp888 miliar untuk di 2.001 lokasi dengan serapan tenaga kerja 149.166 orang.

Kotaku dilakukan melalui pembangunan infrastruktur skala lingkungan reguler berupa perbaikan saluran drainase, perbaikan jalan lingkungan, dan pembangunan septic tank biofil komunal, juga rehabilitasi.

Terakhir, pembangunan tempat pengelolaan sampah reduce, reuse, recycle (TPS3R) yang pada 2021 dilaksanakan di 162 lokasi dengan anggaran Rp97,2 miliar. Saat ini sudah terserap 3.938 tenaga kerja dengan anggaran yang sudah tersalurkan 99 persen.

Sejumlah pekerjaan kontraktual juga dialokasikan dengan pola padat karya dengan alokasi Rp208 miliar, dengan progres saat ini sebesar 78,11 persen yang telah menyerap 25.588 tenaga kerja. (*)

Advertisement
Advertisement

Terkini

News45 menit ago

Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik, Kemendag Raih “Badan Publik Informatif” Tahun 2021

JAKARTA – Kementerian Perdagangan berhasil meraih anugerah “Badan Publik Informatif” tahun 2021. Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto menerima penganugerahaan tertinggi...

Internasional2 jam ago

DBS Menjadi Bank Pertama di Asia Tenggara yang Bergabung dengan Hedera Governing Council

SERIKATNEWS.COM – DBS Bank telah bergabung dengan Hedera Governing Council, sebuah kelompok yang mencakup beragam organisasi dan bertugas mengembangkan jaringan...

Lifestyle2 jam ago

Keunggulan Produk HAVAL JOLION Diakui Pengguna Global

SERIKATNEWS.COM – Penjualan HAVAL JOLION buatan GWM meningkat pesat di beragam pasar luar negeri. penjualan meningkat sejak Januari 2021. HAVAL...

Opini5 jam ago

Kebebasan Bukan untuk Penghinaan

TAK ada angin, tak ada hujan, seorang Faizal Assegaf bicara tentang NU, juga Hadlratus-Syaikh KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdurrahman...

News6 jam ago

Fokus Kembangkan Sumber Daya, UPH Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Kota Bitung

SERIKATNEWS.COM – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pelita Harapan (UPH) telah resmi bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung,...

News19 jam ago

Vaksinasi, Kiai Dalil: Vaksin Aman Dan Halal

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Pordapor terus menggalakkan vaksinasi kepada seluruh warganya. Di samping melakukan vaksinasi, juga terus melakukan sosialisasi...

Opini19 jam ago

Kader Nasdem Diminta untuk Meminta Maaf kepada Aktivis IAIN Palopo

SERIKATNEWS.COM – Kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di IAIN Kota Palopo menjadi sorotan beberapa pihak. Pasalnya, atribut salah satu Parpol...

Populer

%d blogger menyukai ini: