Connect with us

Potret

Sekilas Tentang Desa Torjunan Robatal Sampang

Published

on

Salah satu suasana Desa Torjunan (Foto: Diwan/Serikat News)

SERIKATNEWS.COM – Desa Torjunan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang. Tepatnya 24 Km ke Utara dari kota Sampang.

Menurut sejarah, asal-usul nama Desa Torjunan berasal dari dua kata, yaitu “eatoreh” dan “ajunan”. Artinya, “diberikan ke kamu”. Dari akar kata ini memiliki makna filosofi yang dalam. Kata “eatore ajunan” mencerminkan rasa kerendahatian seseorang dalam menghadapi persoalan harus dipasrahkan kepada seseorang yang mumpuni dalam bidangnya. Hal ini, dipraktikkan oleh masyarakat Torjunan.

Desa Torjunan juga terdiri dari tiga dusun. Yaitu, Dusun Bara’ Saba, Look Leke, dan Sendang. Setiap dusun memiliki kelompok keluarga (Bani) tersendiri. Masyarakat lokal menyebutnya “kampong”. Sehingga arti dusun merupakan suatu wilayah yang terdiri atas sekumpulan kampong.

Penduduk desa Torjunan mayoritas petani. Mulai dari petani padi, cabai, singkong, dan ubi-ubian, karena memang rata-rata tanah yang ada di desa Torjunan subur. Meski ada sebagian tanah yang memang tidak digenangi air pada saat musim hujan atau dalam istilah “bendung”.

Profesi bertani memang tidak meninjau umur. Kendati sudah lanjut usia (Lansia) mereka tetap bertani.

Konon, penduduk Torjunan banyak yang memproduksi genting, tetapi pada tahun 2000 masyarakat yang memproduksi genting satu persatu mulai memilih tidak lagi menekuni usaha gentingnya. Salah satu dari mereka mengaku kendalanya pada akses jalan keluar-masuknya mobil sulit, tidak seperti sekarang.

Sebagian besar mereka mengaku pendapatan tidak begitu besar. Sebab masih membayar buruh agar genting dan beberapa kebutuhan lain bisa sampai ke jalan raya.

Masyarakat Torjunan sekarang sebagian menjadi ASN. Ada juga yang merantau baik keluar kota atau luar negeri agar bisa mencukupi biaya hidupnya.

Kemudian perihal pendidikan di Desa Torjunan pada tahun 90-an sudah mulai ada kemajuan. Utamanya terkait pendidikan jenjang yang lebih tinggi. Banyak para orang tua menyadari betapa pentingnya pendidikan, baik dalam ilmu pengetahuan agama maupun ilmu pengetahuan umum.

Baca Juga:  Film G30S PKI untuk Apa Diputar Lagi?

Hal ini dibuktikan banyak pemuda dan pemudi Desa Torjunan selepas menyelesaikan pendidikan di desanya, mereka banyak yang keluar kota bahkan ke luar negeri sekalipun untuk melanjutkan pendidikannya.

Jika pengetahuannya semakin mendasar, maka semakin banyak pula kreatifitas yang dihasilkan, sebagai bukti hasil sesuatu yang didapat. Tak ayal para pemuda dan pemudi desa Torjunan membuktikan hal itu. Sebagian pemuda aktif di organisasi kepemudaan (OKP) sehingga bisa memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja dan masyarakat. Misalnya, dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, keterampilan, advokasi, sosial, keagamaan dan kesenian. Sehingga seumpama berbicara soal pendidikan, desa Torjunan mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Itulah sekilas tentang Desa Torjunan yang diambil dari pengamatan penulis, dari situasi dan kondisi masyarakat Desa Torjunan yang seperti ini. Semoga partisipasi pemerintah setempat dan masyarakat bisa terus bertambah, membangun Desa Torjunan menjadi desa yang lebih membangun dan maju ke depanya.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Internasional44 menit ago

DBS Menjadi Bank Pertama di Asia Tenggara yang Bergabung dengan Hedera Governing Council

SERIKATNEWS.COM – DBS Bank telah bergabung dengan Hedera Governing Council, sebuah kelompok yang mencakup beragam organisasi dan bertugas mengembangkan jaringan...

Lifestyle1 jam ago

Keunggulan Produk HAVAL JOLION Diakui Pengguna Global

SERIKATNEWS.COM – Penjualan HAVAL JOLION buatan GWM meningkat pesat di beragam pasar luar negeri. penjualan meningkat sejak Januari 2021. HAVAL...

Opini4 jam ago

Kebebasan Bukan untuk Penghinaan

TAK ada angin, tak ada hujan, seorang Faizal Assegaf bicara tentang NU, juga Hadlratus-Syaikh KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdurrahman...

News5 jam ago

Fokus Kembangkan Sumber Daya, UPH Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Kota Bitung

SERIKATNEWS.COM – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pelita Harapan (UPH) telah resmi bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung,...

News18 jam ago

Vaksinasi, Kiai Dalil: Vaksin Aman Dan Halal

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Pordapor terus menggalakkan vaksinasi kepada seluruh warganya. Di samping melakukan vaksinasi, juga terus melakukan sosialisasi...

Opini18 jam ago

Kader Nasdem Diminta untuk Meminta Maaf kepada Aktivis IAIN Palopo

SERIKATNEWS.COM – Kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di IAIN Kota Palopo menjadi sorotan beberapa pihak. Pasalnya, atribut salah satu Parpol...

News18 jam ago

Dorong Efisiensi, Menteri BUMN Dukung Program Electrifying Agriculture PLN

SERIKATNEWS.COM – Kontribusi PT PLN (Persero) dalam menghadirkan Creating Shared Value atau nilai dan manfaat bersama terwujud dalam program Tanggung...

Populer

%d blogger menyukai ini: