Connect with us

Sosok

Unik, Sosok Ibu di Yogyakarta Jualan Bubur Mengenakan Topeng

Published

on

© Kompas

SERIKATNEWS.COM – Seorang ibu bernama lengkap Nani Sugiarti (60) berjualan bubur di Jalan H. Agus Salim, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, dengan cara unik. Dia berjualan bubur dipinggir jalan dengan mengenakan topeng untuk menarik pembeli.

Dilansir dari Kompas, Jumat (26/6/2020), Nani Sugiarti mengatakan bahwa awalnya dirinya membuka warung makan lesehan di depan Ndalem Notoprajan, Kota Yogyakarta.

“Nama warung saya dulu Nesu Mulih, bukanya malam. Warung makan lesehan, ada ayam, ada burung puyuh,” ujar Nani Sugiarti.

Sejak lama dia menekuni usaha warung makan tersebut. Namun, pandemi COVID-19 menyebabkan warung “Nesu Mulih” miliknya sepi pengunjung. Sehingga Nani dengan terpaksa memutuskan untuk menutup sementara usahanya.

“Kan ada COVID pembeli sepi, terus tutup. Kan juga tidak boleh keluar rumah, saya hanya di rumah saja,” jelasnya.

Setelah itu, dia memutuskan untuk berjualan bubur. Dia menceritakan, awalnya hanya berjualan di depan rumahnya di Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta.

“Saya kan kepikiran tidak jualan kan tidak punya uang, mau makan apa. Ya terus jualan bubur di depan rumah,” ungkapnya.

Kemudian, Nani memindahkan lapak jualan buburnya ke Jalan Agus Salim, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Dia berharap pembeli semakin banyak karena berjualan di pinggir jalan.

“Di sini saya mulai buka dari jam 05.30 WIB sampai jam 10.00 WIB,” katanya.

Mengenai menggunakan topeng saat berjualan, dia mengaku terinspirasi dari ponakannya. Suatu hari, dia melihat ponakannya sedang bermain mengenakan topeng. Kemudian, muncul ide unik berjualan dengan mengenakan topeng. Sebab, sepengetahuanya belum pernah ada yang berjualan bubur dengan mengenakan topeng.

“Ponakan saya mainan topeng, terus saya pinjam saya pakai. Awalnya iseng saja, ponakan saya lihat itu tertawa, ya terus saya pakai untuk jualan ini,” bebernya.

Baca Juga:  Ratih Ayu Syafriza

Nani mengaku baru satu bulan ini berjualan. Aktivitasnya berjualan bubur dengan menggunakan topeng viral setelah ada pembeli yang memfoto dirinya dan menggunggah ke grup WhatsApp (WA).

“Ada pembeli yang foto, terus dimasukan grup (WA). Topeng ini untuk menarik pembeli, sekarang dikenal bubur topeng,”urainya.

Pasca viral tersebut, jualan buburnya laris manis diserbu pembeli. Bahkan, dia mengaku sering kali jualan buburnya sudah habis terjual sebelum 10.00 WIB.

“Awalnya yang beli hanya masyarakat sekitar sini, tapi sekarang banyak yang dari luar beli kesini, katanya mau mencoba, ingin tahu bubur topeng. Yang lewat, lihat pakai topeng ya terus berhenti,” tegasnya.

Nani bercerita kerap berganti topeng saat berjualan.

“Saya kerap berganti topeng saat berjualan. Ada dua, saya ganti-ganti. Yang pertama rusak karena dicuci, terus saya beli lagi,” urainya.

Dia menjual satu porsi bubur rames kisaran Rp3.000 sampai Rp5.000. “Bubur rames ini resep saya sendiri, bubur ada mienya,” ucapnya.

Setelah pandemi COVID-19 berakhir, dirinya akan kembali membuka warung makan lesehan “Nesu Mulih”. Namun, dirinya juga akan berjualan bubur topeng karena sudah dikenal banyak orang.

“Besok jualan (warung makan lesehan) lagi kalau sudah aman. Yang lesehan kan malam, kalau bubur pagi,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Hukum2 jam ago

KPK Resmi Tetapkan Edhy Prabowo sebagai Tersangka Suap

SERIKATNEWS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus suap. KPK menyita...

Hukum11 jam ago

Diduga Korupsi Ekspor Benur, Edhy Prabowo Ditangkap

SERIKATNEWS.COM – Penyidik senior KPK Novel Baswedan turun tangan dalam aksi penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. Dalam...

News13 jam ago

Projo: Jangan Takut Memilih di Pilkada 2020, Taati Protokol Covid-19

SERIKATNEWS.COM – DPP Projo menyerukan kepada masyarakat agar menyambut Pilkada 2020 dengan bersemangat. Sekretaris Jenderal DPP Projo Handoko mengatakan masyarakat...

Peristiwa16 jam ago

Seorang Bocah Berusia 2 Tahun dianiaya Ayahnya sendiri Hingga Tangannya Patah

SERIKATNEWS.COM – Tangisan sang anak mengganggu tidur sang ayah. Hingga merasa kesal dan langsung bangun melakukan penganiayaan terhadap anaknya yang...

Sosial16 jam ago

Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Bansos di Tahun 2021

SERIKATNEWS.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengemukakan bahwa Pemprov DKI Jakarta tengah menganggarkan bansos di tahun 2021....

Politik24 jam ago

PPS Tulungrejo Lantik KPPS untuk Pilkada 2020

SERIKATNEWS.COM – Panitia Pemungutan Suara Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi melantik 46 ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Nantinya...

Olahraga24 jam ago

Link Live Streaming Manchester United Vs Istanbul Basaksehir

SERIKATNEWS.COM – Manchester United lawan Istanbul Basaksehir pada laga keempat Grup H Liga Champions 2020/2021. Laga dilangsungkan di Old Trafford...

Populer