Connect with us

Ekonomi

Fahri Optimis Koperasi dan UMKM Jadi Penyelamat Indonesia dari Resesi Ekonomi

Published

on

© Serikat News

SERIKATNEWS.COM – Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Fahri Hamzah melihat ada optimisme lain terhadap penyelamatan ekonomi Indonesia dari jurang resesi ekonomi.

Pandemi COVID-19 saat ini, menyebabkan perdagangan internasional (global trade) mengalami surut yang tajam. Sebaliknya, tanpa diduga perdagangan domestik oleh Koperasi dan UMKM justru membuat ekonomi naik dan bergairah.

“Nah itu bagiannya. Gilirannya Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia yang akan menjadi penyelamat di massa pandemi Covid-19 ini,” kata Fahri Hamzah dalam keterangan tertulis yang diterima Serikat News di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Menurut mantan Wakil Ketua DPR RI priode 2014-2019 ini, selalu ada celah peluang untuk bangsa ini, apabila mau keluar dari krisis berlarut, seperti adanya pergeseran industri besar ke manufaktur dasar.

Hal ini tentu saja akan memberi kesempatan untuk mengatur peran yang lebih besar bagi Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia sebagai Soko Guru Perekonomian, sebagaimana cita-cita Bung Hatta (Wakil Presiden RI pertama Muhammad Hatta).

Bahkan, lanjut Fahri, Covid-19 ini juga akan menggeser pusat pertumbuhan dan pelaku pertumbuhan, dari kota ke desa, dari barat ke timur, dari konglomerat ke UKM, juga dari keuangan ke sektor riil. Begitu pula dengan transaksi digital tetap akan meningkat, tetapi terkait domestik dan produk sektor riil.

“Ini semua bukan teori, tapi peluang. Nah, karena itu yang bisa menjadikannya kenyataan. Bukan orang mengkhayal. tapi praktisi leadership berpengaruh besar dalam mengubah peluang menjadi kenyataan,” jelas Fahri.

Karena itu, dirinya berharap kepada seluruh elemen bangsa ini untuk mendorong peran Koperasi dan UKM Indonesia dalam situasi ini. Maka dari itu, tidak boleh menyerah, dan jangan kehilangan ide.

Baca Juga:  Ekonom UI Berharap Pemerintah Percepat Serapan Belanja

“Kita harus tetap melihat ada nyala lilin di ujung terowongan gelap. Itulah selalu yang menjadi sejarah sebuah kebangkitan. Dan saya percaya Indonesia tidak saja bisa melalui semua ini tapi bahkan bisa jadi juara dunia!” kata dia optimis.

Kemudian Fahri menyebut bahwa ada satu lagi pergeseran penting yang akan menjadi ‘game changer/pengubah permainan’ persaingan ekonomi ke depan, yaitu pergeseran dari ekonomi darat menuju laut.

“Kita bangsa maritim dan kita akan bisa memenangkan perang jika medan bergeser ke lautan!” pungkas mantan Wakil Ketua DPR RI yang sempat dijuluki ‘Singa Senayan’ itu.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Ekonomi28 menit ago

Dukung Pertamina, PP KAMMI Dorong Indonesia Gunakan BBM Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS– Pengurus Pusat (PP) Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) melalui Pjs Ketua Umum Periode 2019-2021 Susanto Triyogo menyambut baik...

Sosial18 jam ago

Tiga Ciri Desa yang Berpotensi Maju

SERIKATNEWS.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi memaparkan tiga ciri desa yang...

Info Kesehatan18 jam ago

Acuan Pemeriksaan Kesehatan Adalah Tes Swab, Bukan Pernyataan Sembuh Usai Isolasi Saja

SERIKATNEWS.COM – Pengumuman dari Anggota KPU RI, Evi Novida Ginting, menyebut masih ada 13 jumlah calon kepala daerah di Pilkada 2020 yang...

Sosial19 jam ago

Kasus Covid-19 di Yogyakarta Bertambah 67 Orang

SERIKATNEWS.COM – Kasus pasien Covid-19 di Yogyakarta bertambah 67 orang, sehingga total pasien keseluruhan menjadi 2.312 orang. “Hasil pemeriksaan laboratorium...

Politik1 hari ago

Aliansi Pemuda Peduli Demokrasi Membawa 4 Tuntutan di Kantor KPU Sumbar

SERIKATNEWS.COM – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar) didatangi oleh puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi pemuda peduli...

Sosial1 hari ago

Petugas Melakukan 834.771 Kali Penindakan dalam Operasi Yustisi

SERIKATNEWS.COM – Data dari Operasi Yustisi telah menunjukkan bahwa masyarAkat masih banyak yang lalai dalam mencegah terjadinya persebaran Covid-19. “Selama...

Hukum2 hari ago

PP PMKRI Ajukan Judicial Review Tentang Mineral dan Batubara ke Mahkamah Konstitusi RI

SERIKATNEWS.COM – Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) Periode 2020-2022 resmi mendaftarkan gugatan Judicial Review UU Nomor...

Populer