Franz Magnis: Indonesia Beruntung Karena Memiliki Sosok Habibie

12

SERIKATNEWS.COM – Rohaniawan Franz Magnis Suseno melayat ke rumah duka Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No.5, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Pada kesempatan itu, Franz Magnis mengatakan BJ Habibie merupakan sosok paling mengagumkan yang pernah ia temukan.

“Bagi saya, Pak Habibie adalah salah satu orang paling penting, paling mengesankan dan paling mengagumkam yang pernah saya temukan di dalam hidup saya,” kata Franz Magnis.

Franz bersyukur lantaran ia bisa menjalin hubungan personal dengan Habibie. Ia juga menilai Indonesia merupakan negara yang beruntung karena memiliki sosok anak bangsa seperti BJ Habibie.

“Pak Habibie lah yang sesudah Pak Suharto mengundurkan diri menjadi Presiden, dan ketika waktu itu dalam situasi gawat dan terancam dan berbahaya, Pak Habibie menempatkan Indonesia kembali ke jalur yang tepat,” ujarnya.

Habibie, lanjut Franz, membuka ruang bagi demokrasi untuk berkembang di Indonesia. Habibie juga dinilainya berperan menempatkan hak asasi manusia di kedudukan yang kuat.

“Saya juga kagum dengan cara satria, elegan Pak Habibie mengundurkan diri dari kedudukan sebagai Presiden sesudah MPR tidak menerima laporannya, ia memberi contoh baik bagaimana seorang menangani kekuasaan,” katanya.

“Semoga ia sekarang bertemu dengan istri terkasih Bu Ainun dan berada dalam kedamaian dan kegembiraan Tuhan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Nasihat KH. Ma’ruf untuk Generasi Milenial