Connect with us

Sosok

Manis, Jual Kopi Lewat Online Demi Kesejahteraan Desa

Published

on

Manis © Istimewa

SERIKATNEWS.COM – Manis (25), sosok yang menjaga semangatnya meski negara tengah dilanda pandemi COVID-19. Penjual kopi asal Probolinggo yang tinggal di lereng Gunung Argopuro, Jawa Timur, tidak mengenal lelah mengembangkan toko online-nya ‘Jualan Masboy’ meski di sana susah sinyal.

“Sebelumnya, saya bekerja di Balikpapan 10 tahun sebagai penjual kosmetik dan karena bisnis itu terdampak pandemi, saya pulang ke kampung halaman dan memulai usaha sendiri lewat jalur online,” ujar Manis dalam keterangan tertulis, Rabu (2/9/2020).

Manis lewat usaha yang ditekuninya bertekad untuk menyejahterakan para petani di desanya. Dia dengan senang hati menjual kopi hasil panen petani setempat secara online.

“Kanal online membuat akses pemasaran produk para petani kopi di lereng Gunung Argopuro menjadi jauh lebih luas,” tambahnya.

Tidak sebatas jual online, Manis juga memberikan sosialisasi kepada petani setempat mengenai cara merawat kopi yang tepat, sehingga kopi di sana bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Letak rumah Manis jauh dari jangkauan sinyal, sehingga memaksa dirinya untuk menginap di tempat yang bersinyal demi mengembangkan bisnisnya.

“Rumah saya di lembah dan antena tidak kuat menarik sinyal. Jadi, saya jarang sekali di rumah. Lebih betah di tempat yang ada sinyal. Kadang sampai tidur di gardu atau hammock. Kalau cari sinyal seperti orang camping, harus bawa kompor portable dan mie instan,” imbuhnya.

Semangatnya terus mengalir, untuk mengantarkan pesanan ke kurir, Manis pun rela berjalan kaki berkilo-kilo meter. Tidak jarang Manis berjalan kaki sambil memanggul paket kopi seberat 10 kg dan menempuh jarak 7 km.

Menurutnya, banyaknya jalanan yang masih berbatu akan lebih aman ditempuh dengan berjalan kaki.

Baca Juga:  Gus Dur dan Agamawan “Kemrungsung”

“Terlebih kalau hujan, jalanan menjadi sangat licin. Jadi, lebih aman jalan kaki. Kalau tidak hujan, saya biasanya pinjam motor saudara untuk mengantar pesanan ke ekspedisi,” ujar Manis.

Dia mengatakan bahwa semua ini dilakukannya demi menjaga keamanan barang agar bisa sampai ke konsumen dalam keadaan baik.

“Agar konsumen tidak kecewa, meskipun jauh, saya tetap semangat,” katanya.

Meskipun harus melewatkan berbagai tantangan dalam berjualan online, tetapi perjuangannya kini menuai hasil. Saat ini, produk kopi petani lereng Gunung Argopuro telah bisa dinikmati oleh masyarakat luas, bahkan hingga ke Kalimantan.

Agar usahanya terus berkembang, Manis juga berencana untuk menambah varian produk olahan masyarakat desa, seperti kain dan lainnya.

Manis juga mendirikan komunitas anak muda yang putus atau selesai sekolah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan produk lokal dan menciptakan kemandirian ekonomi di desanya.

“Walaupun banyak dicibir tetangga karena berjualan online terlihat seperti pengangguran (hanya mengoperasikan gawai), saya akan terus melakukan sosialisasi pemanfaatan platform digital seperti Tokopedia dalam berbisnis demi kemajuan desa,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Hukum3 jam ago

Satlantas Jakarta Barat Bagikan Sembako pada Pengemudi yang Taat Lalu Lintas

SERIKATNEWS.COM – Operasi Zebra yang dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Barat kali ini berbeda dan unik daripada tahun...

Peristiwa4 jam ago

Warga Temukan Jasad Seorang Pria Tanpa Identitas Tergeletak Di Pinggir Jalan

SERIKATNEWS.COM – Penemuan jasad seorang pria tanpa identitas diduga berprofesi sebagai tukang ojek. Pria tersebut ditemukan dalam keadaan sudah tewas...

Pariwisata4 jam ago

Nongkrong Asyik di Jogja Airport Resto

SERIKATNEWS.COM – Jogja Airport Resto menjadi restoran pertama di Indonesia dengan konsep mini bandara. Pengunjung bisa menikmati ragam kuliner dengan...

Ekonomi10 jam ago

Manfaatkan Limbah Perca, Produk Beny Tembus Pasar Jerman

SERIKATNEWS.COM – Apa yang terbesit dalam benak kita saat mendapati potongan-potongan kain yang sudah tidak berguna? Biasanya akan dibuang, menjadi...

Pendidikan12 jam ago

PUSPPA, Studi Pesantren sebagai Penjaga Moral Bangsa dan Dunia

SERIKATNEWS.COM – Pusat Studi Pesantren dan Pendidikan (PUSPPA) diharapkan bisa memberi manfaat luas bagi dunia. Pusat studi ini dapat terus...

Politik16 jam ago

Projo: Relawan Jokowi Punya Kompetensi Isi Komisaris dan Direksi BUMN

SERIKATNEWS.COM – Ormas Projo menanggapi perdebatan penunjukan jabatan komisaris BUMN untuk pendukung Presiden Joko Widodo. Sekretaris Jenderal Projo Handoko mengingatkan...

Peristiwa1 hari ago

Akibat Ditinggal Istri, Seorang Pria Depresi hingga Rusak ATM dengan Palu dan Obeng

SERIKATNEWS.COM – Seorang pria berinisial NH, sering bertingkah aneh sejak ditinggal pergi oleh istrinya. Pria tersebut merupakan warga Desa Tembokrejo,...

Populer