Connect with us

Ekonomi

Meski Angka Penjualan Turun Selama Covid-19, Bisnis Properti Tetap Menarik untuk Investasi

Published

on

Diskusi Japnas Investment Forum cluster Property yang digelar oleh Jaringan Pengusaha Nasional bersama berbagai stakeholder bisnis property (Serikatnews)

SERIKATNEWS.COM – Selama Pandemi Covid-19, bidang property terpukul sangat dalam dan diperkirakan masih akan berlanjut hingga tahun depan. Meski begitu, ini saat yang sangat ideal untuk masuk bidang bisnis ini. Belanja aset murah, harga masih menurun terus dan potensi bounch back akan luar biasa dalam 1 sampai 2 tahun.

Demikian disampaikan dalam diskusi Japnas Investment Forum cluster Property yang digelar oleh Jaringan Pengusaha Nasional bersama berbagai stakeholder bisnis property.

Dalam forum diskusi yang berlangsung selama lebih 2 jam ini, Ketua Harian Jaringan Pengusaha Nasional Widyanto Saputro menjelaskan, berbagai bidang yang menjadi peluang dalam berinvestasi di bisnis property seperti Reksadana Properti, Developer dan Kontraktor, Sewa dan Jual Beli, Investasi saham persahaan Real Estate, Take Over Kredit hingga Flipping Property.

Sekalipun mengalami kontraksi panjang dan dalam, secara umum seluruh peserta khususnya pemateri sepakat bahwa properti adalah salah satu bidang usaha yang relatif aman dan kecenderungan nilai bisnisnya selalu naik dan menguntungkan. Salah satu pemateri, Nanan Diana yang juga Wakil Ketua Umum Japnas Jawa Barat mengaku bahwa rentang November 2019 hingga November 2020 dia mencatat penurunan transaksi lebih dari 90%.

Dari rerata 3000 akad kredit rumah per tahun, kata dia, dengan transaksi per bulan antara 200 hingga 300 akad, selama setahun terakhir hanya mencapai maksimal 12 akad per bulan. Dengan stok 3700 unit rumah saat ini, tidak menyurutkan semangatnya untuk terus berekspansi khususnya dengan menyiapkan proyek – proyek baru di area Jawa Barat dan sekitarnya.

“Bagi yang baru mulai, tidak usah pusing. Belajar bisnis propertinya nanti saja tahun depan, tidak masalah. Sekarang nabung aset saja dulu. Jangan terbalik. belajar lama, tidak mulai-mulai,” ungkapnya penuh optimis.

Baca Juga:  Wamendes PDTT Resmikan Rumah Keong Pusat Pengembangan Produk Desa

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Japnas Jawa Timur Moh. Supriyadi mengungkapkan, berbagai proyek perumahannya di Pamekasan, Madura juga mengalami penurunan penjualan sangat tajam. Hal ini diprediksi berlangsung hingga pertengahan sampai akhir tahun depan. “Tapi harga jual kita nggak turun. Simpan saja dulu. Malah kita sangat agresif akuisisi lahan – lahan baru yang dilepas karena mereka-mereka yang tidak siap cashflow menghadapi situasi pandemi ini,” terang dia.

Sementara itu, Dimas Dwi Ananto menjelaskan peluang bagi para pemula bisnis properti yang bisa melakukan risk-sharing dengan crowd funding pembelian aset murah untuk dilakukan proses flipping. Dia juga menjelaskan keberhasilan dan pertumbuhan yang istimewa proses yang dilakukannya itu dalam perusahaannya, Ternak Properti.

Sebagai informasi, Japnas Investment Forum adalah serial diskusi rutin untuk membedah berbagai peluang usaha, potensi investasi menarik, dan sinergitas usaha dalam forum online bersama Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) beserta beragam stakeholder bisnis terkait baik pelaku usaha, akademisi, pemerintah, asosiasi, perbankan, hingga pelanggan.

Dalam Forum Cluster Property kali ini hadir beberapa pemateri diantaranya Dimas Dwi Ananto, praktisi properti, trainer dan founder dari TERNAK PROPERTI; Yaya RC Pujiharto, Head of Mortgage Shariah, BANK PERMATA SYARIAH; Wahyudin Rahman, Sharia Unit Head ASURANSI ASEI INDONESIA (Persero); Nanan Diana, praktisi properti sekalaigus WKU JAPNAS Jawa Barat; Luthfi Akbar Riyadi, praktisi properti, Owner RIYADI KALBAR PROPERTI; Ana Sopanah, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyagama Malang; Widiyanto Saputro Ketua Harian Jaringan Pengusaha Nasional sekaligus Owner dari Arumbumi Group selaku tuan rumah dan moderator.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Olahraga2 jam ago

Cavani Menunjukkan Kelasnya

SERIKATNEWS.COM – Edinson Cavani membuktikan kelasnya sebagai salah satu penyerang terbaik. Usai Manchester United menang 2-1 atas Fulham di Liga...

Olahraga2 jam ago

Chelsea Masih Tidak Konsisten di Liga Inggris

SERIKATNEWS.COM – Chelsea di Liga Inggris tampil tidak konsisten sejak Desember lalu. The Blues hanya menang dua kali dalam delapan...

News5 jam ago

Masinton Pasaribu : Sigit Sosok Pemimpin yang Memiliki Sikap Tenang dan Tegas

SERIKATNEWS.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Masinton Pasaribu turut mengomentari terkait terpilihnya Komjen Pol Listiyo Sigit...

Sosial-Budaya6 jam ago

Persatuan Wartawan Indonesia Kalteng Melakukan Penggalangan Dana untuk Korban Banjir

SERIKATNEWS.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah melakukan penggalangan dana bagi masyarakat Kalimantan Selatan (Kalteng) yang terdampak banjir. Ketua...

News7 jam ago

Puan Minta Listyo Sigit Tingkatkan Layanan Publik dan Responsif pada Aduan Masyarakat

SERIKATNEWS.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut baik visi dan misi Komjen Listyo Sigit Prabowo yang disampaikan dalam fit...

News8 jam ago

UPH Jalin Kerja Sama dengan Kantor Akuntan Publik Ternama di Dunia

SERIKATNEWS.COM – Departemen Career Center & Coroporate Relations (CCCR) Universitas Pelita Harapan (UPH) menjalin kerja sama dengan KPMG (Klynveld Peat...

Lifestyle18 jam ago

Mengelar Pesata Tanpa Masker, Raffi Ahmad: Menduga Ada Oknum Yang Ingin Menjatuhkan dirinya

SERIKATNEWS. COM –Kasus Raffi Ahmad mengelar pesta tanpa menggunakan masker masih berlanjut. Hal ini merupakan skanario orang yang menci terhadap...

Populer

%d blogger menyukai ini: