Connect with us

News

Imam Besar Masjid Istiqlal Tegaskan Virus Corona Bukan Azab

Published

on

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Agama Fachrul Razi dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar di masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (13/3/2020). (Foto/Antara)

SERIKATNEWS.COM – Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar menegaskan bahwa penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19) bukanlah azab dari Tuhan. Ia meminta berbagai pihak untuk tidak mempolitisir, karena wabah virus tersebut tidak ada hubungannya dengan kebijakan pemerintah selama ini.

“Satu poin yang ingin saya garisbawahi bahwa virus ini tidak ada kaitannya dengan kebijakan, jangan dipolitisir lah. Saya ingin mengatakan bahwa dalam hadist Nabi, azab sudah tidak ada lagi setelah doa Rasulullah dikabulkan,” kata Nazaruddin Umar setelah menemani Presiden Jokowi melihat penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Dikutip dari Antara, pembersihan dimulai sekitar pukul 09.10 WIB di ruang salat utama masjid. Sebanyak 15 orang petugas pembersihan ini merupakan gabungan dari PMI, TNI dan pihak kepolisian. Mereka semua tampak menggunakan baju pelindung.

Sedangkan Presiden Jokowi melihat pembersihan itu didampingi oleh Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir serta Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar.

“Yang muncul nanti musibah dan bala. Dalam Al-Quran ada musibah, ada bala, ada azab. Azab sudah tidak ada lagi, yang ada hanya musibah. Kalau azab hanya menimpa orang kafir, tidak menimpa orang beriman. Tapi kalau musibah, dua-duanya kena, siapa yang lengah, kena, sama dengan bala,” jelas Nazaruddin.

Untuk itu, Nazaruddin meminta agar umat Muslim tidak menilai bahwa penyebaran COVID-19 sebagai suatu azab. “Definisi azab dalam Al-Quran diciptakan kepada umat terdahulu. Doa Rasulullah inilah yang kita bersyukur kepada Nabi, tidak akan ditimpakan azab lagi kepada umat, Ini ada hadistnya,” tegasnya.

Menurutnya, untuk menghadapi wabah COVID-19, bukan hanya membutuhkan daya tahan fisik, tapi juga daya tahan batin dan mental. “Ketiga konsep daya tahan ini akan kita terapkan. Bagaimana Nabi mencegah penyakit menular, bagaimana Nabi mencegah epidemi pandemi, bagaimana Al Quran memperkenalkan kasus-kasus yang melanda umat sebelumnya,” imbuh Nazaruddin.

Baca Juga:  Kominfo Targetkan Palapa Ring Timur Rampung Pertengahan 2019

“Kami imbau kepada seluruh jemaah Masjid Istiqlal untuk membawa persiapan lain karena kita tidak siapkan karpet, mungkin bawa sajadah masing-masing. Pada saat buka puasa kami akan siapkan, biasanya 3000-4000 orang yang berbuka puasa di sini,” imbuhnya.

Selain mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona, Nazarsuddin juga menjelaskan mengenai persiapan lain, yaitu untuk pelaksanaan tarawih pada bulan Ramadhan mendatang.

“Insyaa Allah di bawah kontrol pihak terkait nanti ada itikaf. Tiga tahun terakhir lebih banyak yang datang dibanding tarawih, insyaa Allah kami antisipasi. 10 hari terakhir Ramadhan mudah-mudahan tidak akan ada kejadian istimewa. Insyaa Allah Istiqlal dan masjid lain bisa aman,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Hukum9 jam ago

Kejaksaan Agung Melakukan Penggeledahan di Kantor Pusat BPJS

SERIKATNEWS.COM – Pusat PT Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan digeledah oleh Kejaksaan Agung, pada Senin (18/1/2021). Penggeledahan tersebut merupakan...

Politik20 jam ago

Sederhana! Denny Cagur Terjun Politik Karena Pemilu Hanya Persoalan Kalah Menang

SERIKATNEWS.COM – Kalangan artis terjun di kancah politik praktis karena pemilu dimaknai sekadar menang kalah. Hal itu dikatakan oleh Denny...

Lifestyle20 jam ago

Deddy Corbuzier Sebut Ramalan Mbak You Bohong

SERIKATNEWS.COM – Deddy Corbuzier sudah geram terhadap sosok Mbak You yang mengeluarkan ramalan tentang kerusuhan di Indonesia serta lengsernya presiden....

Lifestyle20 jam ago

Deretan Isi Koper Pramugari Verawaty

SERIKATNEWS.COM – Penumpang di pesawat terasa aneh lantaran kopernya tidak pernah ketinggalan. Kira-kira apa saja sih isi koper pramugari yang...

Ekonomi23 jam ago

Dedi Mulyadi: Petani dan Pedagang Bisa Mati Kalau Dihajar dengan Beras Impor

SERIKATNEWS.COM – Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia Dedi Mulyadi angkat bicara terkait ribuan ton beras impor asal...

News1 hari ago

Empat Tahap Vaksinasi Covid-19

SERIKATNEWS.COM – Ada empat tahap dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Dikatakan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Reisa Brotoasmoro bahwa suksesnya...

News1 hari ago

PDIP Mendapat 3 Piagam Muri

SERIKATNEWS.COM – PDIP mendapatkan tiga penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan tersebut diumumkan langsung oleh Penggagas MURI Jaya Suprana. Jaya...

Populer

%d blogger menyukai ini: