Connect with us

Ekonomi

Lima Perbedaan Pinjaman Online dan Pinjaman Bank

Published

on

Perbedaan Pinjaman Online dan Pinjaman Bank (Ilustrasi: Net)

SERIKATNEWS.COM – Ketika membutuhkan dana atau pinjaman, Anda dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu pinjaman online atau pinjaman bank. Pasalnya, ada beberapa perbedaan di antara keduanya, mulai dari ketentuan dan syarat, hingga metode pembayarannya. Bagi Anda yang masih awam dengan pinjaman online dan pinjaman bank, Anda harus mengetahui perbedaan keduanya.

Di zaman digital ini tak sedikit orang yang beralih untuk meminjam di aplikasi pinjaman online resmi dibandingkan meminjam dana ke bank secara langsung. Banyaknya yang beralih untuk meminjam di aplikasi pinjaman online resmi karena biasanya lebih mudah dan tidak bertele-tele.

Hal ini juga didukung karena banyaknya aplikasi pinjaman online terbaik dan terpercaya, misalnya Tunaiku. Meski begitu, tak ada salahnya Anda mengetahui perbedaan pinjaman online dan pinjaman di bank secara langsung, untuk mempertimbangkan cara mana yang tepat Anda pilih untuk mendapatkan pinjaman dana. Berikut ini beberapa perbedaannya:

  1. Sumber Dana Pinjamannya

Sekilas, pinjam secara online maupun secara langsung di bank terlihat sama, tetapi sebenarnya ada beberapa perbedaan yang jarang diketahui, salah satunya sumber dana pinjamannya.

Pinjaman online mendapatkan dana pinjaman dari investor yang mempunyai modal cukup besar, sedangkan sumber dana pinjaman bank berasal dari pemberi pinjaman tersebut. Dalam hal ini jumlah dana di Bank biasanya lebih besar dibandingkan dana dari investor.

  1. Lama Proses Peminjaman

Perbedaan selanjutnya dilihat dari lama proses peminjaman. Orang yang membutuhkan dana cepat biasanya memilih mengajukan pinjaman online terpercaya. Sebab, proses peminjaman secara online lebih cepat, yakni maksimal 2 minggu hari kerja, berbeda dengan pinjaman Bank yang prosesnya menghabiskan waktu berbulan-bulan.

Bahkan proses peminjaman di aplikasi tunaiku hanya membutuhkan waktu 1-3 hari kerja. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan dana dengan cepat.

  1. Persyaratan Dokumen yang Dibutuhkan
Baca Juga:  Wamendes PDTT Resmikan Rumah Keong Pusat Pengembangan Produk Desa

Untuk mengajukan pinjaman, tentunya Anda harus mengikuti persyaratan yang ditetapkan, salah satunya mengumpulkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang dibutuhkan biasanya dokumen pribadi, bukti kepemilikan berupa aset, bukti kondisi keuangan dan lainnya.

Bahkan di aplikasi pinjaman online Tunaiku persyaratan yang Anda butuhkan sangat mudah yakni hanya KTP, tanpa NPWP dan kartu kredit. Hanya saja, perbedaannya biasanya bank membutuhkan dokumen hasil survei khusus pihak bank pada peminjam.

  1. Pihak yang Terlibat dalam Bank

Ketika Anda meminjam uang di bank, maka yang memutuskan hanya pihak banknya saja. Namun, ketika Anda meminjam dana di aplikasi pinjaman online, maka ada dua pihak yang terlibat yaitu investor/pemodal dan perusahaan terkait.

  1. Risiko dan Jaminannya

Saat meminjam dana, Anda harus menanggung risiko dan jaminannya. Jika Anda meminjam di bank, maka Anda harus menyerahkan jaminan seperti sertifikat rumah atau kendaraan dengan nilai yang sebanding sesuai pinjaman. Berbeda dengan pinjaman online yang tidak mengharuskan jaminan atau aturan tertulis.

Tunaiku menjadi pilihan yang tepat jika Anda mencari aplikasi pinjaman online terpercaya. Ada banyak kelebihan aplikasi pinjam online ini, mulai dari proses yang cepat, persyaratan tidak ribet, dan lainnya. Aplikasi pinjam online dari bank Amar ini juga telah terdaftar di OJK sehingga dapat dipercaya.

Itulah lima perbedaan mengenai pinjaman online dan pinjaman bank yang bisa Anda ketahui. Tunaiku merupakan aplikasi pinjam online terbaik yang sudah terdaftar secara resmi di OJK. Anda bisa meminjam dana di aplikasi Tunaiku hanya dengan persyaratan KTP, tanpa NPWP dan kartu kredit, disertai hasil persetujuan pinjaman yang cepat. Dana yang bisa dipinjamkan juga bisa mencapai 20 juta dengan waktu cicilan hingga 20 bulan.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News39 menit ago

Moeldoko Lantik DPP HKTI 2020-2025, Tegaskan 4 Hal Peran HKTI

SERIKATNEWS.COM – Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal (Purn) Dr Moeldoko melantik kepengurusan Dewan...

Hukum2 jam ago

Setelah Menjalani Pemeriksaan, Ambroncius Nababan Ditahan

SERIKATNEWS.COM – Ambroncius Nababan resmi ditahan setelah dilakukan pemerikasaan di Bareskrim Polri. Penahanan tersebut atas dugaan ujaran rasisme atau SARA...

Hukum22 jam ago

Penyidik Bareskrim Polri Menjemput Ambroncius Nababan Terkait Tindakan Rasial

SERIKATNEWS.COM – Ditetapkan menjadi tersangka atas tindakan rasial kepada Natalius Pigai, Ketua Umum Relawan Pro Jokowi-Amin (Projamin) Ambroncius Nababan dijemput...

Lifestyle1 hari ago

Fakta Unik 4 Pemeran Utama Drama Korea “True Beauty”

SERIKATNEWS.COM – Saat ini Korea Selatan sedang mencuri perhatian publik dengan adanya series televisi “True Beauty” yang dibintangi oleh Moon...

Lifestyle2 hari ago

Empat Drama yang Pernah Dibintangi Song Yoo Jung

SERIKATNEWS.COM – Aktris Song Yoo Jung meninggal dunia, Senin (25/1/2021). Dia dikabarkan meninggal karena bunuh diri. Song Yoo Jung di...

Ekonomi2 hari ago

Brand Ekonomi Syariah, Upaya Peningkatan Literasi Ekonomi Syariah bagi Masyarakat

SERIKATNEWS.COM- Potensi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia sangatlah besar. Masih banyak ruang di sektor tersebut yang dapat terus dioptimalkan. Namun,...

News2 hari ago

Luhut Binsar Panjaitan Terpilih Sebagai PB PASI periode 2021-2025

SERIKATNEWS.COM – Sempat menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, kini Luhut Binsar Pandjaitan terpilih sebagai ketua Pengurus Besar...

Populer

%d blogger menyukai ini: