Connect with us

Hukum

UU Cipta Kerja Respons Terhadap Tantangan Ketenagakerjaan

Published

on

Ilustrasi Omnibus Law © Net

SERIKATNEWS.COM – Undang-undang Cipta Kerja yang baru saja disahkan oleh DPR memuat sejumlah ketentuan yang berbeda dari UU Nomor 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan yang sebelumnya menjadi landasan urusan ketenagakerjaan dan hubungan industrial.

Menurut dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, Prof Dr Tadjuddin Noer Effendi MA sejumlah penyesuaian yang termuat dalam UU ini merupakan respons terhadap perubahan mendasar yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

“Selama beberapa tahun ini ada perubahan yang sangat mendasar, mulai dari masuknya teknologi 4.0 dan sekarang wabah pandemi Covid-19,” ucapnya, Jumat (9/10/2020).

Era teknologi 4.0, terangnya, membawa kemungkinan terjadinya perubahan dalam proses tranformasi industrialisasi, terutama penerapan teknologi dalam proses produksi yang berimplikasi pada perubahan pasar kerja.

Saat ini, pekerja sektor industri dituntut untuk memiliki keterampilan teknologi (IT dan digital), sehingga muncul ancaman pemutusan hubungan kerja terhadap angkatan kerja yang tidak memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Di tengah menghadapi tantangan itu, pandemi Covid-19 menurutnya semakin memperumit persoalan ketenagakerjaan di Indonesia dan bahkan juga di dunia. Kebijakan untuk mencegah penyebaran pandemi itu pemerintah berusaha membatasi pergerakan manusia melalui strategi PSBB.

Implikasi dari kebijakan itu kegiatan ekonomi dan produksi menurun diikuti dengan jumlah pekerja yang dirumahkan dan PHK yang terus meningkat, kata Tadjuddin.

Fenomena ini turut menyebabkan sejumlah industri, terutama yang selama ini beroperasi di Cina, kemudian mengambil langkah untuk memindahkan lokasi produksi ke negara-negara yang dianggap strategis.

Tadjuddin menyebut kondisi ini sebagai peluang yang perlu dimanfaatkan oleh Indonesia untuk menarik investasi dan pada akhirnya menciptakan lapangan kerja yang besar bagi angkatan kerja dalam negeri.

Baca Juga:  104 Calon Pimpinan KPK 2019-2023 Dinyatakan Lolos Uji Kompetensi

“Selama ini salah satu yang memberatkan para investor untuk masuk ke Indonesia adalah UU Ketenagakerjaan tahun 2013 dirasa agak membatasi, di samping keterampilan tenaga kerja Indonesia yang kurang mendukung,” terangnya.

Ia menduga peluang itulah yang berusaha diambil oleh pemerintah Indonesia sehingga kemudian sejumlah perombakan dalam regulasi perlu dilakukan agar kita bisa bersaing dengan negara-negara lain.

“Dengan kondisi pandemi Covid-19 mau tidak mau harus dilakukan perubahan, apalagi pertumbuhan ekonomi kita sudah menurun (minus). Satu-satunya cara untuk menanggulangi agar pertumbuhan ekonomi dapat tumbuh perlu investasi karena tanpa investasi akan sulit untuk mengerek pertumbuhan ekonomi. UU cipta kerja diharapkan dapat menarik para investor untuk menginvestasikan modal mereka di Indonesia,” papar Tadjuddin. (Sukron)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Hukum8 jam ago

Kejaksaan Agung Melakukan Penggeledahan di Kantor Pusat BPJS

SERIKATNEWS.COM – Pusat PT Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan digeledah oleh Kejaksaan Agung, pada Senin (18/1/2021). Penggeledahan tersebut merupakan...

Politik19 jam ago

Sederhana! Denny Cagur Terjun Politik Karena Pemilu Hanya Persoalan Kalah Menang

SERIKATNEWS.COM – Kalangan artis terjun di kancah politik praktis karena pemilu dimaknai sekadar menang kalah. Hal itu dikatakan oleh Denny...

Lifestyle19 jam ago

Deddy Corbuzier Sebut Ramalan Mbak You Bohong

SERIKATNEWS.COM – Deddy Corbuzier sudah geram terhadap sosok Mbak You yang mengeluarkan ramalan tentang kerusuhan di Indonesia serta lengsernya presiden....

Lifestyle19 jam ago

Deretan Isi Koper Pramugari Verawaty

SERIKATNEWS.COM – Penumpang di pesawat terasa aneh lantaran kopernya tidak pernah ketinggalan. Kira-kira apa saja sih isi koper pramugari yang...

Ekonomi23 jam ago

Dedi Mulyadi: Petani dan Pedagang Bisa Mati Kalau Dihajar dengan Beras Impor

SERIKATNEWS.COM – Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia Dedi Mulyadi angkat bicara terkait ribuan ton beras impor asal...

News1 hari ago

Empat Tahap Vaksinasi Covid-19

SERIKATNEWS.COM – Ada empat tahap dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Dikatakan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Reisa Brotoasmoro bahwa suksesnya...

News1 hari ago

PDIP Mendapat 3 Piagam Muri

SERIKATNEWS.COM – PDIP mendapatkan tiga penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan tersebut diumumkan langsung oleh Penggagas MURI Jaya Suprana. Jaya...

Populer

%d blogger menyukai ini: