Connect with us

Ekonomi

Wagub Jatim Ingin Pertanian Bisa Atasi Kemiskinan di Sampang

Published

on

SERIKATNEWS.COM – Wakil Gubernur Emil Dardak mengatakan pentingnya peningkatan potensi pertanian untuk mengatasi kemiskinan di Madura, khususnya di Kabupaten Sampang.

Hal tersebut disampaikan saat acara Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Reses Ketua Komisi B DPRD Jatim, H Aliyadi Mustofa di Ketapang, Sampang.

“Angka kemiskinan di Kabupaten Sampang masih 22 Persen. Pihaknya menargetkan tahun 2024 angka ini akan bisa ditekan hingga 17 persen,” katanya.

Ia juga menjelaskan penyebab kemiskinan di Kabupaten Sampang bukan karena tingginya angka pengangguran. Namun, karena mayoritas masyarakat di Sampang bekerja di sektor pertanian. Setidaknya 30 persen masyarakat Sampang bekerja sebagai seorang petani.

Dirinya juga melihat penghasilan para petani di Sampang masih rendah. Sehingga tidak bisa membuat masyarakat keluar dari garis kemiskinan.

“Ini yang kita katakan bahwa ini bukan hanya pekerjaan Dinas Sosial. Namun, juga Dinas Perekonomian,” tuturnya.

Untuk mengatasi masalah ini, pihaknya akan bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya untuk mengidentifikasi masalah apa yang dihadapi oleh para petani di Sampang. Sehingga langkah penanganannya pun jelas.

“Apakah sumber masalahnya adalah lahan pertanian yang kecil, atau permasalahan gak punya lahan jadi harus bayar sewa lahan atau budiaya tidak efisien. Ini juga lagi dipetakan oleh Dinas Pertanian, oleh Bapeda supaya langkah penanganan jelas,” ungkap Emil.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Jatim, Aliyadi Mustofa mengatakan, tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Sampang adalah tugas bersama. Salah satu caranya adalah mendorong perekonomian masyarakat.

“Karena kebetulan komisi B itu adalah ekonomi, tentu kita akan terus berjuang. Salah satunya melalui UMKM, Koperasi, Pariwisata, semua yang berpotensi ekonomi yang berdampak pada masyarakat lokal,” ujar Aliyadi.

Aliyadi melanjutkan, sektor pertanian juga termasuk sektor yang paling penting untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Sampang. Sebab, Jawa Timur sendiri adalah salah satu penopang pangan nasional.

Baca Juga:  GMKI Komisariat UMA Dorong Anak Muda Berkecimpung pada Industri Kreatif

“Jatim ini adalah penopang pangan nasional yang sampai hari ini surplus dan terus kita dorong, sehingga dari sektor ini ada sebuah dampak positif akan perbaikan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Selain pertanian, home industri pembuatan genteng Kabupaten Sampang juga menjadi salah satu sektor yang bisa berpotensi meningkatkan ekonomi di Kabupaten Sampang.

“Nah ini yang perlu kita dorong sekitar satu kecamatan hampir semua pengrajin genteng, tetapi yang menjadi keluhan mereka adalah kurangnya perhatian mereka terkait teknologi,” pungkas pria asli Sampang ini.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Aplikasi PLN Mobile Aplikasi PLN Mobile
News7 jam ago

Cepat dan Mudah, Bayar Tagihan dan Beli Token Listrik Lewat PLN Mobile

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) memberikan kemudahan dalam membayar tagihan dan membeli token listrik melalui aplikasi PLN Mobile. Selain kemudahan, PLN...

News7 jam ago

Fitur ListriQu di PLN Mobile, Layanan Resmi PLN untuk Perbaikan Instalasi Listrik Rumah Pelanggan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus melakukan inovasi pelayanan kepada pelanggan, salah satunya melalui pembaruan fitur pada PLN Mobile untuk...

News7 jam ago

Konsumsi Listrik Oktober Pecah Rekor, PLN Terus Dorong Electrifying Lifestyle

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) memperkirakan konsumsi listrik terus meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi seusai pandemi. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan...

News7 jam ago

Nurhuda: Negara Berhutang pada Guru Madrasah

SERIKATNEWS.COM – Anggota Komisi VIII DPR RI, MF Nurhuda Y mengatakan negara berhutang pada guru madrasah atas pengabdian mereka dalam membentuk...

News10 jam ago

Kemendag: Ekspor Cangkang Sawit ke Jepang Cetak Transaksi USD 12 Juta

SERIKATNEWS.COM – Upaya meningkatkan ekspor nasional hingga menjelang tutup tahun 2021 terus dilakukan Kementerian Perdagangan. Kali ini ekspor cangkang sawit...

News12 jam ago

Banjir Rendam 6 Kabupaten di Kalimantan Selatan

SERIKATNEWS.COM – Sebanyak enam kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam beberapa hari terakhir ini dilanda banjir. Banjir terjadi karena curah...

Lifestyle13 jam ago

Penyebab Badan Pegal Saat Bangun Tidur

SERIKATNEWS.COM – Tak sedikit orang merasa badannya pegal-pegal saat bangun tidur. Tempat tidur seperti kasur atau matras, bisa menjadi salah...

Populer

%d blogger menyukai ini: