Connect with us

Olahraga

Gegara Pandemi, Liverpool Rugi Rp900 M Lebih

Published

on

SERIKATNEWS.COM – Liverpool, salah satu klub sepakbola asal Inggris mengumumkan kinerja keuangan untuk tahun fiskal yang berakhir 31 Mei 2020. Laporan keuangan Si Merah jadi ikutan merah karena terdampak virus korona.

Klub yang dimiliki Fenway Sports Group (FSG) ini membukukan rugi sebelum pajak sebesar GBP 46 juta. Sekitar Rp924,34 miliar dengan asumsi GBP 1 setara Rp20.094,31 seperti di kurs tengah transaksi Bank Indonesia per 28 April 2021. Hal tersebut tentu jauh memburuk dibandingkan pencapaian tahun fiskal sebelumnya yang mencatat laba GBP 42 juta (Rp843,96 miliar).

“Laporan ini mencerminkan dampak awal dari pandemi. Kompetisi sempat terhenti pada Maret 2020 dan kemudian dilanjutkan secara tertutup tanpa penonton di stadion,” tulis keterangan resmi Liverpool melalui laman resminya.

Pemasukan klub sepakbola secara umum datang dari tiga sumber. Saat pertandingan di stadion (matchday revenue), komersial seperti ikatan kerja sama/sponsor (commercial revenue), dan hak siar televisi (broadcasting revenue). Pada tahun fiskal 2020, total pendapatan The Kop adalah GBP 490 juta (Rp 9,85 triliun). Artinya, turun 8,07% dibandingkan periode sebelumnya.

Larangan penonton hadir ke Stadion Anfield, matchday revenue Liverpool anjlok. Pada tahun fiskal 2020, matchday revenue tercatat GBP 71 juta (Rp 1,43 triliun), anjlok 15,48%. Sementara broadcasting revenue ada di GBP 202 juta (Rp 4,06 triliun). Turun 22,6% dari tahun sebelumnya.

Namun, hal ini terjadi karena waktu pelaksanaan kompetisi berubah sehingga ada pertandingan yang disiarkan setelah jangka waktu pelaporan berakhir. Sebagaimana diketahui, Liga Primer Inggris musim 2019/2020 yang semestinya berakhir Mei diperpanjang menjadi berakhir Juli karena sempat ‘hibernasi’ tiga bulan.

Meski demikian, ternyata Si Merah bisa tetap mengeruk cuan di pendapatan komersial. Pada tahun fiskal 2020, commercial revenue adalah GBP 217 juta (Rp 4,36 triliun). Angka yang menunjukkan kenaikan 15,42% dari tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Link Live Streaming Chelsea vs Real Madrid

“Delapan kerja sama baru terjadi dalam periode pelaporan, di antaranya adalah dengan Cadbury dan Iugis. Sedangkan Nivea dan Carlsberg memperpanjang kontrak mereka dengan klub yang sudah terjadi dalam jangka waktu lama,” lanjut keterangan tertulis itu.

Selain kinerja keuangan, Liverpool juga mengumumkan perkembangan performa di media sosial. Pada tahun fiskal 2020, akun resmi Liverpool mendapat tambahan 22 juta pengikut. Follower itu naik sebesar 32%.

Liverpool masih menjadi klub Liga Primer dengan pengikut paling banyak di YouTube. Begitu pun, menjadi klub dengan tambahan follower paling tinggi di Instagram. Sementara di Twitter mencapai 17,4 juta pengikut (naik 29%).

“Posisi keuangan kami cukup kuat meski kondisi pandemi sangat menantang. Kami mampu mengelola pengeluaran secara efektif dan menavigasi jalan dengan baik di tengah situasi yang sangat tidak pasti,” ujar Direktur Pelaksana Liverpool, Andy Hughes.

“Kita semua tentu berharap situasi kembali normal pada musim depan. Bukan rahasia bahwa para suporter sudah amat sangat merindukan Anfield dan kami akan bersiap menyambut Anda semua,” pungkasnya. (*)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terkini

Sosial-Budaya14 menit ago

Tata Cara Menggelar Salat Idulfitri 1442 H Saat Pandemi

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan panduan penyelenggaraan Salat Idulfitri 1442 H/2021. Panduan salat id di saat pandemi Covid-19...

News9 jam ago

Jumlah Covid-19 Tembus 1,7 Juta, Gus AMI Minta Pemerintah Percepat Vaksinasi

SERIKATNEWS.COM – Kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Berdasarkan data terbaru dari Satgas Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan, hingga Jumat 07...

News10 jam ago

Untuk Perawatan, Pasar Tanah Abang Ditutup Mulai 12 Mei

SERIKATNEWS.COM – Pasar Tanah Abang akan ditutup mulai 12 Mei 2021 hingga Selasa 18 Mei 2021. Pasar tekstil terbesar di...

Opini11 jam ago

Ramadan, Maafkan Kami yang Lemah Ini

TIDAK terasa ramadan akan berakhir. Bulan yang segala lipat ganda pahala dan keberkahan serta napak tilas turunnya al-Qur’an (nuzulul qur’an)...

News12 jam ago

22 Ribu Kendaraan Diputarbalik

SERIKATNEWS.COM – Selama dua hari penyekatan, 6-17 Mei 2021, pada masa pelarangan mudik di wilayah Provinsi Jawa Barat, petugas gabungan...

Ekonomi20 jam ago

Kurangi Impor, Pemerintah Genjot Pengembangan Pabrik Garam Industri

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah melalui Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Marves) terus mendorong pengembangan pabrik percontohan garam industri di Gresik, Jawa Timur....

Politik1 hari ago

Selesaikan Konflik Papua Secara Holistik dan Kolaboratif

SERIKATNEWS.COM – Konflik yang terjadi di Papua harus diurai akar persoalannya. Kemudian diambil langkah-langkah penyelesaikan secara kolaboratif dan holistik. Hal...

Populer

%d blogger menyukai ini: