Connect with us

Potret

Untuk Bisa Bertahan Hidup di Masa Covid-19, Pebisnis Jasa EO Dekorasi Beralih Membuka Angkringan

Published

on

Suasana Angkringan Pak Tompi di sore hari (Foto: Septia/Serikat News)

SERIKATNEWS.COM – Pandemi Covid-19 berdampak ke semua sektor kehidupan. Tak terkecuali Tompi, pebisnis jasa Event Organizer (EO) Dekorasi. Kini, dia beralih membuka warung angkringan di Jl. Jagung No.29, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

“Saya sebelumnya EO. Itu kan hampir 90% kita mati suri. Jadinya order-order mulai berhenti. Tahun 2020 kita hanya dapat 3,” kata Tompi di warung angkringannya, Sabtu (13/2/2021).

Laki-laki asal Purworejo ini mengatakan, sebelum adanya pandemi, jadwal pesanannya penuh. Bisa sampai keluar kota, bahkan luar pulau.

Angkringan Pak Tompi, sebagaimana sebutannya, sudah berdiri sejak dua bulan setelah pandemi. “Udah dari bulan Mei 2020. Hampir setahun,” imbuhnya.

Dengan membuka warung angkringan, Tompi mengungkapkan sebagai usaha untuk mengantisipasi kebutuhan sehari-hari selama pandemi. “Mencari kesibukan lain yang menghasilkan walaupun enggak banyak,” jelasnya.

Meskipun begitu, ia juga mengatakan telah mengesampingkan rasa gengsi dan malu. “Karena saya dulu berjuangnya dari nol. Jadi ya, meskipun dulu-dulunya ngurusin acara yang gede-gede, sekarang jadi beralih ke usaha kecil-kecilan seperti ini, saya juga enggak masalah,” tuturnya santun sambil memperlihatkan menu-menu yang terpajang di papan, di atas tempat duduk.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa menu di angkringannya merupakan kolaborasi antara burjo dan angkringan pada umumnya. Di antaranya terdapat nasi orak-arik, nasi sayur, nasi rames, nasi telur, nasi bancakan sambal matah, dan lain sebagainya. Terkait menu minuman yang cukup terkenal, kata Tompi ialah JacKser, yaitu minuman herbal yang terbuat dari rempah alami.

Menu-menu di Angkringan Pak Tomi (Foto: Septia/Serikat News)

Tompi menuturkan bahwa kondisi seperti ini sangat tidak menentu. Termasuk kapan ramai dan tidaknya. “Kalau dulu ya, agak sore ramai, malamnya lumayan. Tapi kita tetap harus buka. Karena kan, saya juga tahu, ini sepinya kan karena adanya PPKM,” jelasnya.

Baca Juga:  Melayat ke Sopir Ambulans Korban Kecelakaan, Budi Arie Kenang Robby sebagai Sosok yang Ringan Tangan

Alumni IKIP Negeri yang sekarang menjadi Universitas Negeri Yogyakarta ini juga mengatakan mengalami banyak dilema. “Jadi, sekarang dilemanya gitu. Namanya jualan, pengennya ya ramai. Tapi kan ada pembatasan, ya kita ngikutin aturan aja,” paparnya.

Terkait dengan lokasinya, ia mengatakan masih banyak yang belum tahu sebab berada di dalam dan belum ada papan tulisan di depan warungnya.  “Saya juga nggak pernah promo. Sampai saat ini, baru sebatas dari mulut ke mulut,” pungkasnya.

Tompi merupakan potret orang yang pantang menyerah. Meski menghadapi pandemi Covid-19, tetapi dia tetap tidak putus berusaha agar kebutuhan hidupnya tetap tercukupi. Semangat tidak kenal lelah. (SAR)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Lifestyle1 jam ago

Marandang, Tradisi Sambut Ramadan di Ranah Minang

SERIKATNEWS.COM – Marandang merupakan salah satu tradisi yang ada di Ranah Minang dalam menyambut bulan suci Ramadhan. “Alah masak Randang?”...

Lifestyle10 jam ago

Menjaga Alam dengan Sodasan, Pembersih yang Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – Di masa pandemi ini, kita harus lebih sering mencuci tangan. Tentunya selain menyebabkan tangan menjadi kering, limbah sabun...

Hukum10 jam ago

Rumah Bos PT Purnama Karya Digeledah KPK terkait Kasus Nurdin Abdullah

SERIKATNEWS.COM – Sejumlah barang bukti terkait kasus dugaan korupsi proyek pekerjaan infrastruktur yang melibatkan Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulawesi Selatan...

News17 jam ago

Wi-fi Gratis Tersedia di 14 Objek Wisata Bangka Belitung

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memasang layanan wi-fi gratis di 14 titik objek wisata. Tujuan utamanya...

News17 jam ago

Menko Polhukam Tekankan Kepala Daerah Hindari Perilaku Koruptif

SERIKATNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, mengimbau kepada kepala daerah terpilih pada Pilkada 2020 untuk menghindari perilaku...

Ekonomi18 jam ago

Menteri Trenggono Lepas Ekspor Produk Perikanan ke-40 Negara

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan melepas ekspor produk perikanan secara serentak di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini sebagai penanda...

News18 jam ago

Colong Start Mudik Tak Dilarang, Kemenhub Perketat Pengawasan

SERIKATNEWS.COM – Berhubung adanya larangan mudik yang berlaku pada 6-17 Mei 2021, tak menutup kemungkinan masyarakat akan colong start mudik....

Populer

%d blogger menyukai ini: